Menhan RI Resmikan Tugu Persahabatan RI – Kamboja

Sabtu, 13 Juli 2019

Kamboja – Sebagai negara sahabat yang memahami pentingnya arti perdamaian, Indonesia ikut ambil bagian dalam pasukan perdamaian United Nations Transitional Authority in Cambodia (UNTAC) melalui pengiriman pasukan kontingen Garuda ke Kamboja pada tahun 1992-1993.

Menhan RI Ryamizard Ryacudu telah menjadi bagian dari sejarah tersebut dimana pada tahun 1992, Menhan RI mendapat kehormatan sebagai Komandan Kontingen Garuda XII-B yang tergabung dalam misi pasukan perdamaian UNTAC yang berkedudukan di Kampong Thom. Demikian dikatakan Menhan RI Ryamizard Ryacudu saat meresmikan Tugu Persahabatan Indonesia – Kamboja, di Kamphong Thom Kamboja, Sabtu (13/7).

Kampong Thom yang telah berubah menjadi kawasan modern, maju dan damai ini, menjadi kisah dan pengalaman yang sangat berkesan dan berharga dalam perjalanan karier Menhan RI sebagai prajurit TNI.

Relokasi pembangunan kembali Tugu Persahabatan RI – Kamboja yang telah didirikan tahun 1993 ini mengandung makna sejarah yang mendalam bagi persahabatan kedua bangsa. Tugu ini menjadi simbol kedekatan kedua negara, yang harus dilestarikan bersama dan diteruskan oleh generasi-generasi selanjutnya, agar persabatan kedua bangsa tetap abadi.

Momentum peresmian relokasi Tugu Persahabatan Indonesia-Kamboja di Kampong Thom ini menjadi semakin penting, karena bertepatan dengan rangkaian kegiatan memperingati 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara yang dirayakan bersama tahun 2019 ini.

Indonesia memandang bahwa Kamboja adalah mitra yang penting dalam membangun dan menjaga stabilitas keamanan di kawasan. Modalitas persahabatan kedua negara ini juga merupakan bagian dari jaminan terciptanya rasa aman dan damai yang ada saat ini.

Menhan RI mengungkapkan Indonesia selalu mendukung langkah-langkah guna mendorong kemajuan Kamboja, baik keinginan Kamboja untuk menjadi negara anggota ASEAN yang ke-10 (April 1999) hingga menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian-Europe Meeting (ASEM) pada tahun 2020 mendatang.

Hadir dalam peresmian diantaranya Jenderal Chieng Am yang mewakili Menteri Pertahanan Nasional Kerajaan Kamboja, Jenderal Vong Pisen Commander-in-Chief of RCAF beserta Kepala Staf Angkatan Bersenjata Kerajaan Kamboja. Selain itu juga Gubernur Provinsi Kampong Thom Mr. Sok Lou, Dubes RI untuk Kamboja Sudirman Haseng, Athan RI untuk Kamboja dan unsur pemerintahan Kamboja baik sipil dan militer.  (ERA/JLY)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia