Serah Terima Jabatan Eselon III di Lingkungan Baranahan Kemhan

Selasa, 15 Januari 2013

SERTIJAB-MATRA-LAUT-BERITA-WEB-JPG.jpg

Jakarta, Admin – Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian
Pertahanan (Ka Baranahan Kemhan) Mayjen TNI Ediwan Prabowo, S.IP,
memimpin upacara Serah Terima Jabatan Kepala Bidang Matra Laut Pusada
Baranahan Kemhan dari Kolonel Laut (T) Rizal M Tjunaedi, S.T., M.AP
kepada Kol.Laut(T)SriYanto,S.T.,M.Han. 14/1/2013)di Gdg.DI.Panjaitan
Kemhan.

Ka Baranahan dalam kesempatan sambutannya menyampaikan atas nama pribadi dan pimpinan Baranahan Kemhan, mengucapkan Selamat Hari Natal kepada saudara kita yang beragama Nasrani, dan Selamat Tahun Baru 2013 bagi kita semua semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkahi kita semua Amin.

Pergantian jabatan sebagaimana yang dilaksanakan ini memiliki arti penting, karena Baranahan Kemhan mengemban tugas pokok yang sangat strategik yaitu melaksanakan sebagian tugas pokok Kementerian di bidang pengelolaan sarana pertahanan dengan salah satu fungsinya sebagai penyusun kebijakan teknis, rencana dan program di bidang pengadaan barang dan jasa sarana pertahanan.

Kesemuanya itu mengisyaratkan bahwa tantangan yang kita hadapi termasuk tugas-tugas Baranahan Kemhan di masa mendatang tidak akan semakin ringan. Menghadapi dinamika tugas dimana keinginan modernisasi Alat Utama Sistem Senjata yang cenderung semakin menuntut kita semua dan siap menghadapi tantangan tersebut, perlunya memiliki cara berfikir yang visioner dan penuh inovasi, serta sikap proaktif di dalam mengimplementasikan langkah-langkah tindakan sesuai dengan tugas, peran dan fungsinya masing-masing.

Sebagaimana kita ketahui pada Rapim Kemhan bahwa daya serap tetap merupakan ukuran dari keberhasilan kinerja pemerintah khususnya Kementerian-kementerian.Saya mengucapkan terima kasih pada jajaran Baranahan Kemhan, pada TA 2012 yang mana hampir 80 % anggaran Kemhan adalah dipundak kita, kita dapat melaksanakan dengan baik dengan capaian prestasi 86,5 % daya serap dari anggaran yang disediakan, sedang standar daya serap adalah 85 %.
Namun demikian di tahun 2013 tantangan kita tidak ringan, saya mengharapkan evaluasi dan segala terobosan-terobosan yang telah kita lakukan pada TA 2012 mari kita jadikan evaluasi sebaik-baiknya untuk kita terapkan dan kita gunakan di TA 2013 sehingga kita bisa berbuat lebih baik lagi.

Yang paling utama adalah kita memiliki visi dan interprestasi yang sama dengan unit organisasi yang terkait erat dengan kegiatan di Baranahan Kemhan.
Oleh karenanya, berkenaan dengan sifat tugas pokok dan fungsinya yang demikian, diharapkan dalam melaksanakan tugas tidak terjebak pada pola rutinitas kerja, dan harus selalu berupaya mengembangkan cara berpikir dan bertindak yang antisipatif, profesional dan proporsional sesuai bidang tugas kita masing-masing. Guna mewujudkan hal ini, pelihara dan tingkatkan kualitas kinerja melalui motivasi yang tinggi dalam bekerja yang dilandasi oleh loyalitas, integritas, semangat pengabdian yang mantap dan utuh.

Lebih lanjut Ka Baranahan pada kesempatan ini mengatakan saya menekankan tentang sangat pentingnya pekerjaan kita yang diimbangi dan diiringi dengan akuntabilitas yang tinggi, pekerjaan-pekerjaan yang jauh dari sifat korupsi, sifat kongkalingkong yang semuanya dapat mengakibatkan kerugian negara atau berpotensi timbulnya kerugian negara.

Pada kesempatan ini pula saya sangat menaruh harapan kepada Kabid Matra Laut Pusada yang dilantik pada hari ini agar dapat melaksanakan tugas berat dan terhormat ini dengan sebaik-baiknya, karena keberhasilan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab jabatan akan berpengaruh langsung pada kepercayaan Kemhan terhadap Baranahan Kemhan khususnya, serta peningkatan citra Kemhan pada umumnya. Di sisi lain beban tugas ini mensyaratkan adanya kualitas kepemimpinan yang berorientasi kepada pencapaian tugas dan memperhatikan kesejahteraan personelnya, khususnya dalam pembinaan karier.

Sehubungan dengan telah dilaksanakannya pengambilan sumpah, pelantikan dan serah terima jabatan, saya ata s nama pribadi dan pimpinan Baranahan Kemhan mengucapkan selamat kepada pejabat yang baru yaitu Kolonel Laut (T) Sri Yanto, S.T., M.Han. Saya berkeyakinan bahwa dari berbagai pengalaman tugas yang pernah saudara emban selama ini akan mampu meneruskan rintisan terobosan dan prestasi yang telah dicapai oleh pejabat lama dan menjadikan batu pancang bagi upaya peningkatan keberhasilan tugas yang lebih maksimal di Baranahan Kemhan.Selanjutnya kepada Kol.Laut(T)Rizal M Tjunaedi, S.T., M.AP yang telah menyerahkan tugasnya saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas pengabdiannya selama ini. Semoga ditempat tugas yang baru nanti, saudara mendapatkan pengalaman baru dan lebih sukses lagi dalam upaya peningkatan kinerja secara keseluruhan. Namun demikian saya berharap agar hubungan silaturahmi tetap terbina dan terpelihara dengan baik.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia