Baranahan Menyelenggarakan Presentasi tentang Cara Pengamanan Informasi Rahasia

Rabu, 10 April 2013

Presentas-Lemsanneg-BERITA-10-4-2013.jpg

Jakarta, admin; Kepala Badan Saranan Pertahanan Kementerian Pertahanan (Ka Baranahan Kemhan) yang diwakili oleh Sekretaris Badan Sarana Pertahanan (Ses Baranahan) Marsma TNI Agus Purnomo W membuka acara Presentasi “Cara Pengamanan Informasi Rahasia” dari Lembaga Sandi Negara (Lemsanneg) yang disampaikan oleh Deputy Bidang Pengamanan Persandian Lemsanneg Bapak Syahrul Mubarak (10/4/13) di Perkantoran Kemhan, Gedung D.I Panjaitan, Jakarta.

Dalam sambutan pembukaannya Ses Baranahan menyampaikan, Sistem informasi dan komunikasi merupakan sumber daya yang bernilai strategis dalam kelangsungan hidup suatu organisasi. Kenyamanan, kemudahan dan keuntungan yang dijanjikan dalam setiap pengembangan dan implementasinya, memerlukan inovasi teknologi. Sistem informasi juga akan semakin rentan terhadap potensi ancaman (threat), sehingga menjadi suatu prinsip dasar dalam pengelolaan keamanan sistem informasi (information security). Prinsip-prinsip kerahasiaan, integritas dan ketersediaan data dan informasi menjadi taruhan utama dalam setiap upaya-upaya pengamanan terhadap sistem informasi, kebijakan, prosedur, teknik dan mekanisme keamanan harus mampu menjamin sistem informasi dapat terlindungi dari berbagai potensi ancaman yang mungkin terjadi.

Lebih lanjut mengatakan, Sejalan dengan hal itu maka ancaman terhadap kedaulatan negara dalam bentuk lainpun akan timbul pula. Dalam konteks keamanan sistem informasi dan komunikasi, upaya-upaya yang bersifat pencegahan (prevention) terhadap potensi ancaman yang mungkin timbul menjadi penekanan yang sangat penting, selain upaya pendeteksian kejahatan terhadap sistem informasi. Pencegahan menjadi sangat penting untuk dapat menghindari dari serangan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sebagai lembaga negara yang bertanggung jawab langsung kepada presiden, Lemsaneg mempunyai hak akses semua informasi dari seluruh instansi pemerintah dan bertugas membantu instansi pemerintah dalam melaksanakan tugas negara, khususnya dalam hal persandian dalam rangka mengamankan informasi rahasia negara.

Besar harapan saya bahwa acara ini akan sangat bermanfaat bagi kita semua, khususnya Kementerian Pertahanan dalam bidang pengamanan informasi yang bersifat rahasia (classified information) sehingga Kemhan juga akan mempunyai kemampuan dalam mengamankan sistem informasi. Kepada Lemsaneg, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kesediaannya memberikan pencerahan dalam acara ini.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia