Lanud Adi Sucipto Resmi Memiliki Pesawat Grob G-120 TP-A

Jumat, 20 September 2013

GROB=BERITA=WEB-20-9-13.jpg

Yogjakarta, Di Hanggar Skadron Pendidikan 101 Lanud Adisutjipto Yogjakarta, empat pesawat Grob G120TP-A buatan pabrik Grop Aircraft Tussenhausen Mattsies Federasi Jerman, diserah terimakan ke Pemerintah Indonesia Jumat (20/09/2013). Acara serah terima pesawat latih Grob G-120 TP-A , dilakukan Kepala Badan Sarana Pertahanan (Kabaranahan) Kemhan selaku wakil dari Kementerian Pertahanan Laksda TNI Ir. Rachmad Lubis kepada Mabes TNI yang diwakili Waaslog Panglima TNI. Selanjutnya pesawat latih Grob G-120 TP-A diserahkan dari Waaslog Panglima TNI kepada Mabes TNI AU dalam hal ini diwakili Aslog Kasau Marsda TNI Ida Bagus Anom sebagai pengguna.

Pesawat Grob G120TP-A dipastikan akan menggantikan pesawat-pesawat generasi sebelumnya yaitu Pesawat AS 202 Bravo dan T 34 Charlie. Pesawat ini memiliki kecepatan maksimum 439 km/jam (237 knot) dan bermesin turbo prop menggunakan mesin Roll Roys tipe 250-B17F dengan lima baling-baling,\” Dengan model sayap rendah (low wing) dan cantilever meningkatkan kelincahan pesawat berpadu dengan daya mesin putar mesin yang tinggi.

Penentuan pesawat latih ini membutuhkan pengkajian yang mendalam. TNI AU sebagai operator pesawat membutuhkan pesawat latih yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Terpilihnya Grob G120 TP-A telah memenuhi operasional requirement yang sekaligus mengalahkan pesaingnya Finnmeccanicaa (alenia Aermacchi) SF-260TP dan Pacific Aerospace CT-4.

Sesuai rencana untuk tahun 2013 TNI AU/Lanud Adisutjipto kedatangan empat Grob G120TP langsung dari negeri Jerman. Serta pada tahun berikutnya akan berturut-turut menyusul tahun 2014 hingga total 16 pesawat.

Upacara penyerahan diisi dengan sejumlah agenda seremonial. Antara lain, Menhan membuka selubung pesawat dengan disaksikan, KASAU, Anggota Komisi I DPR RI, Wakil Gubernur DIY dan unsur Muspida Yogyakarta, pejabat Kemhan, Perwakilan BPK, Bappenas, Bank Indonesia, Kemkeu, BUMN, Mabes TNI, Mabes TNI AU, AKA Ausfuhrkredit-Gesellschaft mbH Jerman, Grob Grob Aircraft Company Germany serta tokoh masyarakat Yogyakarta.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia