FORUM DISKUSI PROCUREMENT METHODOLOGY PEMERINTAH BELANDA

Rabu, 16 Juli 2014

156.jpg

Rabu (16/7) Baranahan Kemhan melaksanakan forum diskusi Procurement Methodology dengan pemerintah Belanda yang dipimpin oleh Commodore Laurens, Kolonel Pals dan staf Athan Belanda. Pihak pemerintah Indonesia diikuti oleh perwakilan dari Srenum dan Slog Panglima TNI, Srena dan Slog Angkatan, Staf Direktorat, Dinas dan Pusat dijajaran  Kemhan dan TNI.

    

   Forum diskusi dipimpin oleh Kabag Fora Set Baranahan Kemhan Kolonel Inf Erwin Bambang Tetuko mewakili Kabaranahan Kemhan, menyampaikan bahwa ”Forum Diskusi tentang Procurement Methodology dengan negara Sahabat ini bertujuan untuk menggali informasi tentang Kebijakan, Perundang-undangan, Mekanisme  Akuisisi Alutsista, Teknologi,  dan  Transfer of Technology  (ToT)  produk  industri pertahanan di  negara-negara  sahabat  serta permasalahan dan cara mengatasinya.

     

  Disetiap negara memiliki sistem dan peraturan ataupun perundang-undangan sendiri dalam mengatur proses pengadaan Alutsista dalam negerinya hingga eksport import Alutsista dan kebijakan yang mengatur proses tersebut. Berangkat dari perbedaan tersebut, dalam rangka meningkatkan kerjasama bidang pertahanan, menjadi wajar jika mengetahui kebijakan tentang Procurement System yang diterapkan serta bidang ToT atas produknya. Hal ini bertujuan agar kerjasama pertahanan akan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak dan untuk menghindari kesalahpahaman di kemudian hari.

 

        Dalam forum diskusi juga dilaksanakan sebagai ajang menampung aspirasi, saling berbagi pengalaman dan saling bertukar pikiran dalam rangka mendapatkan solusi terbaik untuk kelancaran pelaksanaan tugas-tugas ke depan  bagi komunitas pengadaan barang dan jasa di lingkungan Kemhan dan TNI, khususnya pengadaan luar negeri.

 

Adapun hasil yang diharapkan dapat menjadi masukan bagi institusi pembuat peraturan dan perundang dibidang pengadaan, sehingga dapat maksimal dan dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas  bidang  pengadaan dilingkungan  Kemhan dan TNI.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia