Serah Terima Jabatan Kabid Matra Udara, Kabid Laik Udara dan Kabag Fora Setbaranahan Baranahan Kemhan

Selasa, 18 Juni 2019

Kabaranahan Kemhan Brigjen TNI Budi Prijono, S.A.P., M.Si. menjadi irup dalam upacara serah terima jabatan Kabag Fora Setbaranahan Kemhan, Kabid Matra Udara Pusada Baranahan Kemhan dan Kabid Laik Udara Puslaik Baranahan Kemhan menyampaikan bahwa dalam Suasana Hari Raya Idul Fitri 1440 H ini atas nama pimpinan Baranahan Kemhan dan pribadi mengucapkan Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri khususnya kepada kita semua yang beragama Islam mohon maaf lahir dan batin.

Serah terima tugas dan jabatan dalam suatu organisasi termasuk di lingkungan Baranahan Kemhan, adalah hal yang wajar dan merupakan dinamika organisasi yang senantiasa terjadi secara berkelanjutan. Pergantian jabatan merupakan bagian dari pembinaan organisasi dan pembinaan personel yang dilaksanakan secara terencana, terarah dan berkesinambungan berdasarkan tatanan sistem pembinaan yang telah ditentukan.

Kesemuanya itu merupakan bagian dari upaya peningkatan kinerja organisasi untuk mampu mengimplementasikan tugas, peran dan fungsinya secara optimal sesuai dengan dinamika tantangan tugas-tugas ke depan.

Pergantian jabatan sebagaimana yang dilaksanakan ini memiliki arti penting, karena Baranahan Kemhan mengemban tugas pokok yang sangat strategik khususnya Bidang Matra Udara Pusada Baranahan Kemhan mengemban tugas penyiapan bahan dan melaksanakan pengadaan Alat Utama Sistem Senjata, alat peralatan pendukung dan jasa pemeliharaan perbaikan, alat kesehatan dari dalam dan luar negeri termasuk hibah Matra Udara, dan Bidang Laik Udara Puslaik Baranahan Kemhan mengemban tugas pokok yang strategis untuk melaksanakan dan mengevaluasi kebijakan teknis di bidang sertifikasi kelaikan sarana pertahanan serta Bag Fora Setbaranahan Kemhan, mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan koordinasi kerjasama sarana pertahanan, keikutsertaan dan penyelenggaraan Fora Nasional dan Internasional di bidang pengadaan, kelaikan, konstruksi, BMN dan kodifikasi serta koordinasi perencanaan program, evaluasi dan laporan penyelenggaraan Fora.

Lebih lanjut Kabaranahan Mengatakan bahwa hal ini mengisyaratkan bahwa tantangan yang kita hadapi termasuk tugas-tugas Baranahan Kemhan di masa mendatang tidak akan semakin ringan. Menghadapi dinamika tugas yang cenderung semakin tinggi dan penuh tantangan tersebut, perlunya memiliki cara berfikir yang visioner dan penuh inovasi, serta sikap proaktif di dalam mengimplementasikan langkah- langkah tindakan sesuai dengan tugas, peran dan fungsinya masing-masing.

Oleh karenanya, berkenaan dengan sifat tugas pokok dan fungsinya yang demikian, diharapkan dalam melaksanakan

tugas tidak terjebak pada pola rutinitas kerja, dan harus selalu berupaya mengembangkan cara berpikir dan bertindak yang antisipatif, profesional dan proporsional sesuai bidang tugas dan jabatannya. Guna mewujudkan hal ini, pelihara dan tingkatkan kualitas kinerja melalui motivasi yang tinggi dalam bekerja yang dilandasi oleh loyalitas, integritas, semangat pengabdian yang mantap dan utuh.

Saya sangat menaruh harapan kepada Kabag Fora Setbaranahan Kemhan, Kabid Matra Udara Pusada Baranahan Kemhan dan Kabid Laik Udara Puslaik Baranahan Kemhan yang dilantik pada hari ini agar dapat melaksanakan tugas berat dan terhormat ini dengan sebaik-baiknya, karena keberhasilan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab jabatan Kabag Fora Setbaranahan Kemhan, Kabid Matra Udara Pusada Baranahan Kemhan dan Kabid Laik Udara Puslaik Baranahan Kemhan akan berpengaruh langsung pada kepercayaan Kemhan terhadap Baranahan Kemhan khususnya, serta peningkatan citra Kemhan pada umumnya. Di sisi lain beban tugas ini mensyaratkan adanya kualitas kepemimpinan yang berorientasi kepada pencapaian tugas dan memperhatikan kesejahteraan personelnya, khususnya dalam pembinaan karier.

Di akhir sambutanya Kabranahan menyampaikan bahwa sehubungan dengan telah dilaksanakannya pengambilan sumpah, pelantikan dan serah terima jabatan, saya atas nama pribadi dan pimpinan Baranahan Kemhan mengucapkan selamat kepada pejabat yang baru yaitu Kolonel Tek Arif Andrijanto, Kolonel Kal Yusron Lubis, S.E., M.M. dan Kolonel Tek Catur Martowo Aji, M.Eng.

Saya berkeyakinan bahwa dari berbagai pengalaman tugas yang pernah saudara emban selama ini akan mampu meneruskan rintisan terobosan dan prestasi yang telah dicapai oleh pejabat lama dan menjadikan batu pancang bagi upaya peningkatan keberhasilan tugas yang lebih maksimal di Baranahan Kemhan.

Selanjutnya kepada Kolonel Lek R. Bambang Ismiyadi, S.T. dan Kolonel Kal Bursok P.A. Pardede yang telah menyerahkan tugasnya, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas pengabdiannya selama ini. Kepada Kolonel Kal Bursok P.A. Pardede semoga ditempat tugas yang baru, saudara mendapatkan pengalaman baru dan lebih sukses lagi dalam upaya peningkatan kinerja secara keseluruhan, saya berharap agar hubungan silaturahmi tetap terbina dan terpelihara dengan baik.

Demikian hal-hal yang perlu saya sampaikan. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk serta kekuatan lahir dan bathin dalam setiap bentuk pengabdian kita kepada bangsa dan negara yang kita cintai dan kita banggakan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia