Kabaranahan Kemhan Tutup Kegiatan Sertifikasi Inspektur Kelaikan Darat Militer

Jumat, 28 Juni 2019

Kepala Badan Sarana Pertahanan Brigjen TNI Budi Prijono, S.T., M.M. secara resmi menutup kegiatan Sertifikasi Inspektor Kelaikan Darat Militer, Jumat (18/6) di Bandung, Jawa Barat. Proses sertifikasi kelaikan secara benar dan sesuai dengan ketentuan atau standar yang telah ditentukan akan terlaksana apabila proses tersebut di tangani oleh personel yang profesional di bidang kelaikan sehingga akan mampu menilai status laik atau tidak laik terhadap suatu materiil yang akan dioperasikan/ digunakan untuk pelaksanaan pertahanan negara.Hakekat kelaikan itu adalah suatu kondisi yang menyatakan seberapa jauh peraturan, tuntutan/ persyaratan terhadap fungsi asasi dan/atau kemampuan serta keselamatan yang ditetapkan telah dapat dipenuhi/diterapkan.

Lebih lanjut Kabaranahan Kemhan menyampaikan bahwa tujuan akhir penyelenggaraan kelaikan adalah guna menjamin terpenuhinya fungsi azasi, performance dan aspek keselamatan bagi pengguna materiil itu sendiri dan lingkungan dalam pengoperasian materiil.Menyiapkan dan meningkatkan kemampuan personel yang profesional khususnya dalam bidang kelaikan tentu tidak cukup hanya dibekali melalui sertifikasi inspektur kelaikan darat yang singkat seperti sekarang ini, tetapi dituntut pembelajaran pengalaman di lapangan yang lebih banyak.Kementerian pertahanan telah mencoba memberi bekal kepada para peserta walaupun dalam kondisi yang terbatas. Namun harapan kami dalam keterbatasan waktu tersebut diharapkan para peserta dapat menyerap ilmu yang diberikan para pakar/praktisi seoptimal mungkin. Mudah-mudahan dikemudian hari, kementerian pertahanan dapat memberikan kegiatan pelaksanaan sertifikasi inspektur kelaikan darat militer dengan waktu yang lebih lama.

Kabaranahan berharapan bahwa dengan ditutupnya sertifikasi inspektur kelaikan darat ini semoga apa yang menjadi tujuan kita bersama dapat tercapai yaitu adanya kesamaan persepsi tentang bagaimana proses sertifikasi kelaikan yang benar dilaksanakan dan sesuai standar serta personel inspektur kelaikan darat militer yang handal dan profesional.

Kepada institusi serta para pakar/praktisi yang membantu dalam pelaksanaan sertifikasi inspektur kelaikan darat ini Kabaranahan Kemhan mengucapkan banyak terima kasih atas kerja samanya, terima kasih pula kepada para peserta dan seluruh panitia atas semangat / kesungguhannya dalam pelaksanaan sertifikasi inspektur kelaikan darat militer ini, mudah-mudahan diwaktu mendatang kerjasama ini dapat lebih di tingkatkan untuk kepentingan bangsa dan negara.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia