Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

Senin, 5 Juni 2023

Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan Marsda TNI Yusuf Jauhari, M.Eng, pada hari Kamis 1 Juni 2023 menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023.

Adapun tema yang diusung pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global” mengandung makna bahwa membangun peradaban dunia dan pertumbuhan global disegala bidang, sangat dipengaruhi peran dan kontribusi dari seluruh masyarakat dunia tak terkecuali negara Indonesia, dimana beberapa hal yang menjadi kunci pembangunan tersebut adalah semangat, saling bekerja sama, bersinergi dan bergotong royong.

Dalam amanat Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto yang dibacakan Kepala Badan Sarana Pertahanan tersebut, Menhan menyampaikan “Kita harus menyakini bahwa Pancasila adalah satu-satunya Ideologi Negara yang paling tepat untuk Negara Indonesia yang heterogen dan Pancasila harus dijadikan salah satu Pilar atau Soko Guru Bangsa dan Negara”.

Menhan juga menyatakan bahwa Bangsa Indonesia patut berbangga dan bersyukur karena mempunyai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Mengakhiri sambutannya Menhan mengingatkan bahwa Bangsa Indonesia patut mengimplementasikan sila-sila Pancasila dalam setiap kehidupan berbangsa dan bernegara oleh karena itu sebagai pegawai Kementerian Pertahanan kita harus menjadi pegawai-pegawai yang memiliki sikap unggul, cerdas, maju, open minded, gotong royong dan berkarakter Pancasila.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia