Menhan Prabowo Serahkan Pesawat Super Hercules C-130J, Helikopter AS550 Fennec dan Helikopter AS565MBE Panther kepada TNI

Jumat, 26 Januari 2024

Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto disaksikan Presiden Indonesia, Joko Widodo, menyerahkan secara simbolis Pesawat C-130J-30 kepada Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Fadjar Prasetyo, di Lanud Halim Perdanakusuma, Rabu (24/1).
pesawat ini merupakan pesawat keempat dari lima pesawat yang dipesan oleh Kemhan RI untuk memperkuat armada pesawat angkut TNI AU.

Pesawat angkut berat C-130J-30 Super Hercules dengan tail number A-1344 ini dapat mengangkut 120 orang prajurit, mampu terbang selama 11 jam nonstop serta melakukan take off dan landing pada runway yang pendek, serta merupakan pesawat terbaru dan tercanggih di kelasnya dengan menggunakan teknologi glass cockpit dan mesin Rolls Royce AR2100D3 Turboprop dengan kecepatan mencapai 410 MPH atau 356 KTAS.

Pada kesempatan yang sama, selain pesawat C-130J-30 Super Hercules, pada kesempatan tersebut Menhan Prabowo juga secara simbolis menyerahkan hasil refurbishment helikopter Fennec AS 550 dan suku cadangnya kepada TNI AD yang diterima oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak serta hasil modernisasi atau refurbishment dan suku cadang kritis helikopter Panther AS 565 MBE kepada TNI AL yang diterima oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali.

Turut hadir dalam acara penyerahan pesawat tersebut sejumlah pejabat Kemhan antara lain Sekjen Kemhan, Irjen Kemhan, para Dirjen, dan Kabaranahan Kemhan. Sementara pejabat TNI AU yang hadir antara lain Wakasau, Pangkoopsudnas dan Inspektur Kodiklatau yang mewakili Dankodiklatau.

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia