KEGIATAN SOSIALISASI REHABILITASI TERPADU PUSREHAB KEMHAN DI KODAM XIII/MERDEKA, DI MANADO TA 2019

Jumat, 23 Agustus 2019

Kepala Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan (Kapusrehab Kemhan) Brigadir Jenderal TNI dr. Asrofi S. Surachman, Sp BP-RE (K), MARS melaksanakan kegiatan Sosialisasi Rehabilitasi Terpadu di Kodam XIII/Merdeka Manado. Pada kegiatan ini sekaligus melaksanakan Kegiatan Rehabilitasi Medik Keliling.

Kegiatan Sosialisasi Rehabilitasi Terpadu dan Rehabilitasi Medik Keliling dibuka oleh Pangdam XII/Merdeka  Mayor Jenderal TNI Tiopan Aritonang. dan dihadiri oleh Pejabat Personel dan perwira staf dilingkungan Kodam XIII/Merdeka, Ka. Kanwil Pertahanan Propinsi Sulawesi Utara Kolonel Kav Tri Agus Suwanto, Pejabat Personel Lantamal VIII, Pejabat Personel Lanud Sam Ratulangi, Kakesdam XIII/Merdeka, Karumkit Tk. II Wolter Monginsidi, dan Para Penyandang Disabilitas di wilayah Manado.

Kapusrehab Kemhan memberikan sosialisasi tentang Kegiatan Rehabilitasi Terpadu yang merupakan Tugas Pokok Pusrehab Kemhan dihadapan seluruh peserta baik Pejabat Personalia maupun Penyandang Disabilitas. Disamping menjelaskan tentang Rehabilitasi Terpadu dan Rehabilitasi Medik Paripurna juga dijelaskan tentang kebijakan-kebijakan/peraturan dalam memberikan pembinaan terhadap Penyandang Disabilitas Personel TNI dan PNS Kemhan. Dari penjelasan ini diharapkan para Pejabat Personalia memahami hak-hak Penyandang Disabilitas di kesatuannya dan memberikan pelayanan sesuai aturan yang berlaku, sedangkan bagi Penyandang Disabilitas diharapkan mempunyai motivasi yang tinggi untuk tetap berkarya belajar agar menjadi Mandiri, Produktif dan entrepreneurship

Pada kesempatan ini Kapusrehab memberikan alat bantu kesehatan bagi Penyandang Disabilitas yang membutuhkan antara lain, kursi roda, canadian cruck, sepatu koreksi, korset dan prothesa yang langsung dibuatkan ditempat.

Setelah acara Sosialisasi selesai kegiatan dilanjutkan dengan pengukuran/casting bagi anggota yang akan dibuatkan prothese kaki dan tangan serta sepatu koreksi. Pembuatan prothese dilaksanakan di RS AU Sam Ratulangi sampai dengan selesai.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia