PUSREHAB KEMHAN MENYERAHKAN BANTUAN ORTHESA PROTHESA KEPADA PENYANDANG DISABILITAS PERSONEL TNI WILAYAH KODAM IV/DIPONEGORO

Selasa, 28 Juli 2020

Kepala Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan (Kapusrehab Kemhan) Brigjen TNI dr. Budiman Sp.BP-RE(K), MARS, yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Medik Pusrehab Kemhan (Kabid Rehabmedik) Kolonel Kes dr. Budi Satriyo Utomo, Sp.KFR, MARS pada hari Senin tanggal 27 Juli 2020 bertempat di Graha Manggala Hesti Rumkit Tk. II dr. Soedjono Kesdam IV/Dip, Magelang menyerahkan bantuan orthesa (alat bantu) dan prothesa (alat ganti tubuh) kepada beberapa penyandang disabilitas personel TNI yang berada di Wilayah Kodam IV/Dip. Kapusrehab Kemhan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kabid Rehabmedik Pusrehab Kemhan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pangdam IV/Dip dan jajarannya yang telah mendukung kegiatan ini sehingga dapat berjalan secara maksimal. Sekadar informasi bahwa Tim ini bertolak dari Jakarta sejak hari Selasa tanggal 21 Juli 2020 dengan jalan darat menggunakan bis hibah dari PT. Asabri Persero Jakarta. Kegiatan ini disebut juga dengan nama Rehabilitasi Medik Keliling dan merupakan kegiatan pro aktif Rehabilitasi Medik Pusrehab Kemhan dalam ‘menjemput bola’ berupa pembuatan, pemberian dan atau perbaikan orthesa dan prothesa. Pemberian bantuan orthesa ini terdiri dari 13 item dengan jumlah secara keseluruhan mencapai 33 buah mulai dari ankle support, arm sling, tongkat buta, knee brace, neck collar, wrist support, wrist splint, hearing aid, dyna ankle, tlso, axilla crutch dan orthopedi shoes serta canadian.

Selain bantuan berupa orthosa, Tim Rehabilitasi Medik Pusrehab Kemhan ini yang sebagian besar merupakan lulusan Orthetik Prosthetik membuat prothesa dengan tahapan mulai dari mengukur, mencetak dan merakit. Adapun jenis prothesa yang dibuat adalah prothesa bawah lutut (below knee) dan prothesa atas lutut (above knee) jumlah 7 buah dengan rincian 3 buah prothesa bawah lutut dan 4 buah prothesa atas lutut. Pemberian bantuan orthosa prothesa ini diharapkan dapat bermanfaat sehingga mereka bisa hidup mandiri. Sementara itu, sambutan Kakesdam IV/Dip yang dalam hal ini dibacakan oleh Wakarumkit Tk. II dr. Soedjono Letkol Ckm (K) dr. Rahayu Mibawani menyampaikan terima kasih kepada Tim Rehabilitasi Medik atas dipilihnya Rumah Sakit ini sebagai tempat untuk melaksanakan Rehabilitasi Medik Keliling. Kepada yang telah mendapatkan bantuan semoga dapat membantu aktifitas sehari-hari dalam pengabdian kepada bangsa dan negara. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan menyampaikan permohonan maaf, jika dalam penyambutan kami, ada yang kurang berkenan, tutup Kakesdam IV/Dip. Acara ini ditutup dengan pemberian orthesa prothesa dan foto bersama.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia