KAPUSREHAB BUKA REHABILITASI TERPADU DAN REHABILITASI MEDIK PARIPURNA GELOMBANG I TA. 2021

Senin, 11 Januari 2021

Jakarta. Kapusrehab Kemhan Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi, Sp.OG., M.M.R.S membuka secara resmi Rehabilitasi Terpadu Return to Duty dan Rehabilitasi Medik Paripurna Return to Combat Gelombang I TA 2021 di Lantai III Departemen Rehab Medik RS. dr. Suyoto Jalan RC. Veteran Jakarta Selatan (11/1).

Rehabilitasi yang dimaksud diperuntukkan kepada 60 orang penyandang disabilitas TNI dan PNS Kemhan dari seluruh Indonesia. Rehabilitasi terpadu merupakan rehabilitasi vokasional yang dipadukan dengan rehabilitasi medik dan rehabilitasi sosial, bertujuan untuk memulihkan dan mengembangkan keterampilan, kemampuan fisik, mental dan sosial serta psykis.

Kita harapkan pasca kursus nanti, kepercayaan diri dari seluruh peserta dapat kembali tumbuh agar mampu melaksanakan fungsinya yang lebih profesional, mandiri serta entrepreneurship”, ungkap Kapusrehab.

Dalam sambutannya, Kapusrehab juga menambahkan bahwa tujuan rehabilitasi adalah untuk mengembalikan semangat dan kemampuan fisik para penyandang disabilitas personel TNI, melalui berbagai rehabilitasi medik, psikoterapi intensif dan komprehensif.

Dalam kesempatan kali ini, para peserta juga dapat memilih salah satu keterampilan sesuai keinginan dan minat masing-masing. Setidaknya tersedia 15 jurusan yang dapat diikuti diantaranya automekanik mobil, motor, teknik pendingin komputer, desain grafis, fotografi, pertanian dan lain-lain.

Mengingat pelaksanaan pelatihan vokasional ini masih dalam masa pandemi Covid-19, maka sebelum diasramakan seluruh peserta terlebih dahulu wajib menjalani pemeriksaan kesehatan berupa Rapid Test Antigen. Kabid Rehab Medik Pusrehab, Kolonel Kes dr. Budi Satriyo Utomo, Sp.KFR.,MARS juga telah menyampaikan seluruh hasil test para peserta sudah dinyatakan non reaktif, namun dr. Budi juga memastikan bahwa selama pelaksanaan rehabilitasi harus dilakukan dengan mengikuti standar protokol kesehatan secara ketat. (Subbag Datin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia