PUSREHAB KEMHAN KUNJUNGI BBRVPD CIBINONG

Selasa, 16 Februari 2021

Pada hari Senin tanggal 15 Februari 2021, Kapusrehab Kemhan Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi, Sp.OG., M.M.R.S didampingi oleh para pejabat eselon III Struktural melaksanakan kunjungan kerja ke Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Penyandang Disabilitas (BBRPD) milik Kementerian Sosial yang berada di Cibinong Kabupaten Bogor. Kunjungan ini dalam rangka menjalin kerja sama antara Kementerian Pertahanan dan Kementerian Sosial.

Pelaksana tugas Balai Besar Cibinong, Ibu Eva Rahmi Kasim yang juga Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas menyambut baik kunjungan orang nomor satu di Pusrehab Kemhan ini. Kemensos menurut Ibu Eva memiliki kebijakan dan program teknis dalam pemenuhan hak penyandang disabilitas yakni penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak lainnya penyandang disabilitas.

Sementara itu, hal senada disampaikan oleh Kapusrehab yang mengatakan bahwa secara garis besar, tugas Pusrehab dan Balai Besar Cibinong sangat mirip yakni sama-sama melakukan pelayanan Rehabilitasi Vokasional, perbedaannya adalah di kami subjeknya adalah personel Pertahanan yang kehilangan anggota tubuh dalam menjalankan tugas.

Lanjut Jenderal bintang satu ini, menuturkan bahwa selain memberikan pelayanan Rehabilitasi Vokasional, juga memiliki sarana dan prasarana untuk pelayanan Rehabilitasi Medik yang sangat memadai seperti Hydroterapi, Fisioterapi, Alat-alat Robotic, Terapi Wicara dan Okupasi Terapi serta Ortotik Prostetik (alat bantu/ganti tubuh) sehingga bila masyarakat penyandang disabilitas yang membutuhkan penanganan bisa berkonsultasi ke Rumah Sakit dr. Suyoto Pusrehab Kemhan.

Dalam kunjungan ini, Kapusrehab dan rombongan juga meninjau fasilitas sarana dan prasarana yang ada di Balai Besar Cibinong seperti poliklinik, ruang fisioterapi, ruang assesment, workshop dan asrama. (Subbag Datin).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia