KAPUSREHAB TUTUP REHABILITASI TERPADU ANGKATAN XLVI DAN REHABILITASI MEDIK PARIPURNA ANGKATAN II PENYANDANG DISABILITAS PERSONEL TNI DAN PNS KEMHAN GEL. I TA. 2021

Rabu, 31 Maret 2021

Kepala Pusat Rehabilitasi Brigjen TNI dr Nana Sarnadi, Sp, OG., M.M.R.S menutup secara langsung kegiatan Rehabilitasi Terpadu (Return to Duty) Angkatan XLVI dan Rehabilitasi Medik Paripurna (Return to Combat) Angkatan II Penyandang Disabilitas Personel TNI dan PNS Kemhan Gelombang I Tahun 2021, bertempat di Aula Lt. 3 Rumah Sakit dr. Suyoto Jl. RC Veteran No. 178 Bintaro Jakarta Selatan, (Rabu, 31/03)

Sejak dibuka lebih kurang tiga bulan yang lalu, para siswa telah dibekali berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan berdasarkan kompetensi masing-masing.

Mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19, maka kegiatan penutupan juga dilaksanakan secara  virtual, sebagian siswa berada di Aula BBRSPDF ( Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik ) kota Solo Jawa Tengah. Sementara itu, kegiatan belajar mengajar yang juga seyogyanya dilaksanakan selama empat setengah bulan, dipadatkan menjadi hanya 3 bulan.

Dalam sambutan dan arahannya Kapusrehab menyampaikan beberapa poin penting untuk dapat dijadikan pedoman dalam mengaplikasikan seluruh keterampilan yg telah di peroleh baik untuk satuan maupun di tengah-tengah masyarakat.

Setiap akhir kegiatan rehabilitasi, para mantan siswa juga menerima paket kerja mandiri sesuai kompetensi dan sejumlah santunan dari beberapa yayasan seperti Kartika Eka Paksi, yayasan Bumi Yamka dan yayasan Adhi Upaya.

“Pergunakan dengan sebaik-baiknya apa yang telah kalian terima, terus kembangkan pengetahuan dan keterampilan agar tidak tertinggal oleh kemajuan teknologi”, terang Kapusrehab.

Kapusrehab juga menambahkan, “selamat kembali semoga dilancarkan dalam perjalanan, salam kepada keluarga dan selamat bertugas di satuan masing-masing”, tandas Kapusrehab.

Salah satu mantan siswa Mayor Inf Emrizal menuturkan rasa bangga dan  pengalaman selama berada dalam pelatihan.

“Mantap pak, senang sekali pernah dididik di sini, terima kasih untuk Kapus dan seluruh jajarannya atas atensi, pengobatan medis serta pembekalannya”, ungkap Emrizal.

Kegiatan diakhiri dengan pengucapan selamat kepada masing-masing mantan siswa melalui salam sehat dengan mematuhi protokol kesehatan. Turut mendampingi, Karumkit dr. Suyoto, Kabag TU, Para Kabid dan masing-masing perwakilan Yayasan.

Sebagai informasi bahwa para peserta Rehabilitasi Terpadu Return To Duty, dari Bidang Rehabilitasi Vokasional, jurusan keterampilan yang diberikan adalah Automekanik Mobil, Automekanik Motor,Teknik Pendingin,, Teknik Komputer, Operator komputer, Teknik Elektronika, Teknik Pengelasan, Tata Busana, Desain Grafis, Fotografi, Pertukangan Kayu, Pertanian Terpadu, Tata Boga dan Massage. Sedangkan dari Bidang Rehabilitasi Medik dan Perumahsakitan adalah kegiatan bimbingan Kesehatan Umum berupa kegiatan preventif dan promotif, fogging, kesamaptaan, pemeliharaan dan pemeriksaan kesehatan, pelayanan rawat jalan, rawat inap, serta tindakan operasi. Bimbingan Kesehatan Khusus, misalnya meliputi pelayanan keterapian fisik berupa pelayanan fisioterapi, okupasi terapi, terapi wicara, hidroterapi, dan fitness.

Pelayanan keteknisian medik berupa pembuatan Prosthesis antara lain Protesa Atas Siku Bawah siku, pemberian Orthosis antara lain Axilla Crutch , Canadian Crutch, Corset Lumbar Sacro, Sepatu Modifikasi, Orthosis Insol , Knee Support/Decker, Knee Brace, Arm Sling dan KAFO. Dari Bidang Rehabilitasi Sosial yakni kegiatan Resosialisasi/Pemantapan, bantuan Peralatan Kerja Mandiri dan bimbingan Psikologi dan Sosial secara klasikal dan individual.

Untuk bagian Tata usaha yakni terlaksananya proses pemanggilan peserta Rehabilitasi Terpadu. pelayanan administrasi umum, pengasramaan, transportasi peserta dan sarana prasarana lainnya.

Kegiatan Rehabilitasi Medik Paripurna Return To Combat meliputi pelayanan Robotik, Hidroterapi, Fisioterapi dan Terapi latihan/ fitness.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia