PANDEMI COVID 19 BELUM BERAKHIR, PUSREHAB KEMHAN SIAPKAN TAMBAHAN RUANG PERAWATAN

Rabu, 7 Juli 2021

 

 

Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan yang beralamat di Jl. RC Veteran No. 178 Bintaro Jakarta Selatan memiliki sebuah rumah sakit yakni RS dr. Suyoto Pusrehab Kemhan. Rumah Sakit ini, sejak terjadinya pandemi covid 19, menjadi rumah sakit rujukan perawatan bagi pasien covid 19, baik bagi pegawai Kemhan, Personel TNi dan keluarganya serta masyarakat umum.

Dari kapasitas sekitar 236 TT (Tempat Tidur), namun dihadapkan kepada jumlah pasien khususnya pasien covid yang dirujuk ke rumah sakit ini terus meningkat tentunya dibutuhkan sarana dan prasarana serta tenaga medis yang memadai sehingga sekarang menambah 2 tenda di depan IGD Suyoto yang menampung 24 TT dan 3 tenda di lapangan tenis menampung 263 pasien covid.

Kapusrehab Kemhan Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi, Sp.OG., M.M.R.S pada kesempatan yang lain menjelaskan bahwa selain RS Suyoto, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan secara prima terutama dalam masa pandemi ini, atas petunjuk Menteri Pertahanan melalui Sekjen Kemhan juga menambah kapasitas 150 TT di Pusbahasa dan Pusjemen Badiklat Kemhan. Untuk kekurangan tenaga kesehatan Pusrehab Kemhan didukung dari Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan (Ditjen Pothan) Kemhan dalam hal sumber daya manusia dengan cara menyeleksi dan menerima tenaga komponen cadangan pertahanan bidang kesehatan (Komduk Hanneg Bidkes) yang berjumlah sekitar 180 orang yang pendaftarannya dari berbagai macam disiplin ilmu kesehatan mulai dari dokter umum, perawat, tenaga laboratorium dan lain sebagainya yang berasal dari seluruh Indonesia.

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus penyebaran covid 19 lebih tinggi lagi karena perkiraan Menteri Pertahanan kasus Covid varian Delta akan mencapai puncaknya sekitar 2 minggu kedepan, maka dihubungkan dengan ketersediaan tempat tidur, sedang disiapkan juga ruang perawatan di Pusbahasa dan Pusjemen Badiklat Kemhan sebanyak 200 TT lagi yang berada di kawasan Pondok Labu Jakarta Selatan. Untuk menampung pasien covid 19 yang bersifat ringan dan terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan di ruang Triase IGD RS dr. Suyoto. Tempat perawatan ini diperuntukkan untuk pegawai Kemhan, Personel TNI dan keluarganya, serta masyarakat umum yang mengalami / terpapar covid 19.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia