BANTU SUKSESKAN PROGRAM PEMERINTAH, PUSREHAB KEMHAN GERAK CEPAT ADAKAN VAKSINASI COVID 19

Jumat, 9 Juli 2021

Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan yang beralamat di Jl. RC Veteran No. 178 Bintaro Jakarta Selatan letaknya sangat strategis secara geografis karena dapat dijangkau dengan mudah dan berada tidak jauh dari exit jalan tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) kurang dari satu kilometer.

Pusrehab Kemhan mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pelayanan bagi penyandang disabilitas Personel TNI dan PNS Kemhan, juga menyelenggarakan perumahsakitan. Dalam masa pandemi covid 19 ini, lewat Rumah Sakit yang dimiliki Pusrehab Kemhan yakni RS dr. Suyoto sebagai Rumah Sakit rujukan nasional untuk penderita covid 19 juga mengambil peran dalam rangka membantu menyukseskan program pemerintah dengan melaksanakan serbuan vaksinasi bagi pegawai Kemhan, personel TNI dan keluarganya serta masyarakat umum. Menurut Kapusrehab Kemhan Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi, Sp.OG., M.M.R.S bahwa pelaksanaan serbuan vaksinasi ini adalah untuk membantu program pemerintah sehingga diharapkan suatu saat nanti akan terbentuk yang namanya kekebalan kelompok atau herd immunity sehingga pegawai Kemhan khususnya dan keluarganya serta masyarakat umum mampu menahan ganasnya virus corona ini yang terus bermutasi, sehingga menjadi kebal dan lebih produktif dalam menjalankan aktivitas kesehariannya.

Pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan oleh tenaga vaksinator yang dimiliki oleh Pusrehab Kemhan dari berbagai disiplin ilmu seperti dokter umum, perawat dan tenaga kesehatan lainnya serta petugas administrasi. Setiap personel mendapatkan dua kali suntikan vaksin dengan jedah waktu antara vaksin yang pertama dan yang kedua adalah sekitar 28 hari. Pelayanan vaksinasi ini telah dilaksanakan sejak tanggal 16 Juni 2021 dan dibagi dalam tiga tahap yakni tahap pertama untuk tenaga kesehatan, kedua untuk pekerja publik (TNI dan PNS Kemhan) dan yang ketiga adalah untuk masyarakat dan keluarga besar Kemhan dengan rata-rata setiap harinya adalah sekitar 300 orang. Beberapa manfaat vaksin covid 19 yang perlu diketahui adalah mencegah terkena atau mengalami gejala covid 19 berat, melindungi orang lain karena bisa mencegah menyebarkan virus corona ke orang lain dan menghentikan penyebaran covid 19 serta membantu melindungi generasi selanjutnya dengan cara menurunkan laju infeksi covid 19 dan memutus mata rantai pandemi covid 19.

Vaksinasi ini, selain ditujukan untuk orang dewasa, ternyata Pusrehab Kemhan juga melaksanakan vaksinasi untuk anak yang berusia antara 12 – 17 tahun yang dimulai pada tanggal 9 Juli 2021. Kelompok usia ini yang masih berstatus sebagai pelajar/siswa, tentunya dosis vaksin yang disuntikkan berbeda dengan dosis orang dewasa. Untuk mengantisipasi kekurangan stok vaksin, dokter spesialis obsgyn dan ginekology ini juga telah berkoordinasi langsung dengan Dirjen P2P (pencegahan dan pengendalian penyakit) Kementerian Kesehatan RI agar bisa mendapatkan bantuan vaksin tersebut. Kapusrehab Kemhan berharap, agar dalam pelaksanaan vaksinasi ini tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, menjaga jaga jarak dan mencuci tangan atau memakai handsanitizer. (subbagdatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia