PUSREHAB KEMHAN SIAPKAN TEMPAT VAKSINASI BAGI WARGA MASYARAKAT BINTARO DAN SEKITARNYA

Jumat, 9 Juli 2021

Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan yang terletak di Kelurahan Bintaro Kecamatan Pesanggrahan tepatnya di Jl. RC Veteran No. 178 Bintaro Jakarta Selatan merespon dengan sigap apa yang menjadi kebutuhan mendesak masyarakat sekitar kaitannya dengan masa pandemi covid 19 yang sampai dengan saat ini, masih melanda negara tercinta Indonesia tidak terkecuali dengan ibu kota DKI Jakarta.

Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi, Sp.OG., M.M.R.S selaku Kapusrehab Kemhan mengatakan bahwa salah satu 8 wajib TNI adalah “menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya”. Atas dasar inilah, untuk mengimplementasikan butir terakhir 8 wajib TNI tersebut, maka sebagai orang nomor satu di Pusrehab Kemhan merespon dengan senang hati saat pihak Puskesmas Kelurahan Bintaro Jakarta Selatan berniat untuk melaksanakan vaksinasi di Pusrehab Kemhan, tepatnya di kawasan Rumah Sakit dr. Suyoto.

Menurut Ibu Ida, salah satu petugas/koordinator bagian administrasi yang bertanggung jawab atas pelaksanaan vaksinasi ini mengatakan bahwa kegiatan ini sudah berlangsung sejak tanggal 1 Maret 2021. Para petugas vaksinator berasal dari tenaga kesehatan yang bekerja di Puskesmas Kelurahan Bintaro Jaksel dengan melayani sekitar 220 – 230 orang setiap harinya mulai dari Hari Senin sampai dengan Jumat selama jam kerja yang sasarannya adalah usia 18 tahun ke atas sampai usia 59 tahun.

Untuk meminimalisir atau mencegah timbulnya kerumunan saat vaksinasi, maka pihak Puskesmas terlebih dahulu mengedukasi para warga untuk mengisi secara online sebelum datang ke tempat vaksinasi. Adapun yang berhak mendapatkan vaksinasi gratis ini adalah warga Kecamatan Pesanggrahan Jaksel bahkan seluruh warga yang memiliki KTP DKI dan Non DKI, namun terlebih dahulu harus mengupload yang namanya aplikasi JAKI (Jakarta Kini) lewat playstore di Handphone. Dijelaskan bahwa khusus untuk kelompok lansia (lanjut usia) sudah dilaksanakan dua bulan yang lalu. Sedangkan kelompok usia antara 12 – 17 tahun khusus untuk warga Kelurahan Bintaro, vaksinasi dilaksanakan mulai tanggal 9 Juli 2021 di RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) Anggrek yang beralamat di Jl. Garuda Bawah RT 08 RW 12 Bintaro dengan dibantu petugas kesehatan dari Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan. (Subbagdatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia