KAPUSREHAB KEMHAN DAMPINGI SEKJEN KEMHAN TINJAU LOKASI PENAMBAHAN RUANG PERAWATAN COVID 19

Selasa, 13 Juli 2021

Sampai dengan berita ini diturunkan, tanda-tanda menurunnya penyebaran infeksi yang disebabkan oleh virus corona belum terlihat bahkan akhir-akhir ini cenderung mengalami peningkatan. Dengan semakin meningkatnya kasus covid tersebut sebagaimana juga diberitakan di media lainnya menyebabkan ketersediaan tempat tidur untuk perawatan bagi pasien yang terpapar virus tersebut dibeberapa rumah sakit di DKI Jakarta khususnya, nampak mengalami kesulitan tidak terkecuali dengan RS dr. Suyoto Pusrehab Kemhan yang sejak pandemi pertama kali melanda, ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan nasional pasien covid 19.

Untuk mengantisipasi dan memastikan ketersediaan tempat perawatan pasien covid tersebut, pimpinan Kemhan dalam hal ini Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan RI Marsdya TNI Donny Ermawan, Taufanto, M.D.S melaksanakan peninjauan ke Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis Fungsional Pertahanan (Pusdiklat Tekfunghan) Badiklat Kemhan didampingi pejabat Kemhan lainnya termasuk Kepala Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi, Sp.OG., M.M.R.S yang terletak di Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (9/7).

Kunjungan tersebut sebagai tindak lanjut perintah dari Menteri Pertahanan RI Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto yang memerintahkan untuk menyiapkan 1000 tempat tidur dengan segala sarana prasarana pendukungnya termasuk SDM (dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya).

Sebelumnya, penyiapan ruang perawatan bagi pasien covid 19 ini juga sudah dilakukan didua tempat yang berbeda yakni di Pusbahasa dan Pusjemen Badiklat Kemhan di Pondok Labu Jakarta Selatan dengan jumlah tempat tidur sekitar 350 tempat tidur. Sedangkan di Tekfunghan Badiklat Kemhan Salemba yakni 200 tempat tidur, sisanya kemungkinan besar disiapkan di BNPB Sentul dengan jumlah kurang lebih 450 sampai dengan 500 tempat tidur, jelas dr. Daniel sebagaimana dikutip dari rilis resmi Kemhan, (Minggu, 11/7/2021). (Subbagdatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia