TERJUN LANGSUNG, MENHAN RI TINJAU LOKASI PERAWATAN PASIEN COVID DIDAMPINGI KAPUSREHAB KEMHAN DAN PEJABAT LAINNYA

Kamis, 15 Juli 2021

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Letjen TNI (Purn) H. Prabowo Subianto didampingi oleh pejabat Kemhan seperti Irjen Kemhan, Staf Ahli Menhan, Kabaranahan Kemhan, Kabadiklat Kemhan dan lain-lain termasuk Kapusrehab Kemhan Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi, Sp.OG., M.M.R.S meninjau langsung kesiapan dan ketersediaan tempat tidur perawatan bagi pasien covid 19 yang berada di Pusdiklat Bahasa dan Pusdiklat Jemen Badiklat Kemhan RI yang berada di daerah Pondok Labu Jakarta Selatan (14/7).

Penyiapan tempat tidur ini sebagai bentuk tindak lanjut dari perintah Bapak Menhan RI yang rencananya menyiapkan 1.600 tempat tidur dan merupakan salah satu bentuk komitmen untuk membantu pemerintah dalam menangani perawatan pasien covid 19 yang akhir-akhir ini jumlah orang yang terpapar cenderung meningkat.

Gedung Pusdiklat Bahasa dan Pusdiklat Jemen ini memiliki daya tampung sebanyak 172 kamar dengan kapasitas 344 tempat tidur. Kedua Pusdiklat ini juga sebagai rumah sakit satelit RS dr. Suyoto Pusrehab Kemhan dan akan disiapkan pula seperti ruang ICU dan ventilator dengan dilengkapi dengan oksigen generator untuk mendukung kebutuhan oksigen pasien covid.

Menurut Kapusrehab Kemhan, dalam wawancara secara live di Kompas TV, bahwa ruang perawatan yang ada saat ini di Pusdiklat Bahasa dan Pusdiklat Jemen Badiklat Kemhan sudah beroperasional sejak tiga minggu yang lalu dengan jumlah tempat tidur yang disiapkan pada tahap awal yakni 150 tempat tidur kemudian ditambah 219 tempat tidur. Lanjut beliau, jika eskalasi meningkat, kita juga akan siapkan di Unhan, Sentul Jawa Barat, dimana Unhan tersebut memiliki asrama dengan jumlah tempat tidur yang bisa dimanfaatkan sekitar 400 tempat tidur, bahkan Kemhan juga rencananya menyiapkan fasilitas gedung Pusdiklat Bela Negara yang berada di Rumpin, Bogor Jawa Barat dengan 450 tempat tidur. (Subbagdatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia