KAPUSREHAB KEMHAN ‘MENGUDARA’ VIA RADIO JJM MILIK TNI-AL

Senin, 9 Agustus 2021

Untuk yang kesekian kalinya Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan diera kepemimpinan Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi, Sp.OG., M.M.R.S terus berupaya dan berinovasi agar tugas pokok dan fungsi Pusrehab Kemhan semakin diketahui dan dipahami oleh seluruh personel TNI dan PNS Kemhan serta tidak terkecuali oleh berbagai lapisan masyarakat umum. Mantan Dirbang Riset RSPAD Gatot Soebroto ini, memperkenalkan Pusrehab Kemhan tidak hanya melalui program tahunan, akan tetapi juga dengan non program dan yang teranyar disela-sela kesibukannya, beliau bersedia untuk diwawancarai oleh penyiar radio JJM milik TNI-AL yang bertempat di ruang kerja Kapusrehab Kemhan (6/8).

Dengan dipandu oleh penyiar yang bernama Mayor Marlon atau akrab disapa Bang Marlon, Bapak dua putri ini menjelaskan dengan lugas, santai namun mudah dipahami oleh para pendengar. Beliau menuturkan bahwa Pusrehab Kemhan secara organisasi bertanggung jawab langsung kepada Menteri Pertahanan melalui Sekjen Kemhan dan mempunyai tugas pokok dan fungsi yakni menyelenggarakan rehabilitasi terpadu Return to Duty bagi personel TNI dan PNS Kemhan dan rehabilitasi medik paripurna Return to Combat bagi personel TNI serta menyelenggarakan perumahsakitan.

Jenderal bintang satu ini melanjutkan bahwa ada beberapa penyandang disabilitas personel TNI yang ‘dibesarkan’ oleh Pusrehab Kemhan menjadi atlet tenes kursi roda yang handal. Sebut saja Koptu Puji Sumarrto yang telah mengikuti banyak event tenes kursi roda baik ditingkat daerah, nasional bahkan internasional dan membawa pulang piala dan medali untuk Indonesia. Penyandang disabilitas lainnya, misalnya dibidang pertanian, ada Serda Mugiyanto petani sekaligus pembina tanaman Lengkeng yang awalnya dikembangkan dari Magelang dan saat ini telah merambah kebeberapa daerah di Indonesia.

Dimasa pandemi covid 19 yang melanda negeri tercinta ini, Kapusrehab Kemhan melanjutkan bahwa Pusrehab Kemhan dengan Rumah Sakit yang dimiliki yakni RS dr. Suyoto, menjadi Rumah Sakit rujukan nasional pasien covid tidak hanya melayani personel TNI dan PNS Kemhan, akan tetapi juga berbagai lapisan masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan. Diakhir wawancara, Kapusrehab Kemhan menyerahkan sebuah buku kepada penyiar Radio JJM tersebut yang berjudul “Berdampak Melampaui Keterbatasan”, semoga buku ini bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi, harap Kapusrehab Kemhan. (Subbagdatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia