KAPUSREHAB KEMHAN KUNJUNGAN KERJA KE PENYANDANG DISABILITAS PERSONEL KODIM MAGELANG

Senin, 18 Oktober 2021

Kepala Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kapusrehab Kemhan) Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi, Sp.OG., M.M.R.S mengadakan kunjungan kerja ke salah satu penyandang disabilitas yang telah berhasil di bidang pertanian yakni pembudidayaan klengkeng tepatnya di wilayah yang berada sekitar Koramil Borobudur Kodim Magelang Kodam IV/Dip yaitu atas nama Serda Mugiyanto (16/10).

Dalam kunjungan kerja tersebut, orang nomor satu di Pusrehab Kemhan ini, turut didampingi oleh pejabat eselon III yakni Kabid Rehabilitasi Sosial Kolonel Ckm Wahyudi Hesti Wahono, SE., M.M. Kapusrehab Kemhan yang juga pernah menjabat sebagai Kakesdam IV/Dip, ternyata kunjungan kali ini adalah yang kedua kalinya. Perlu diketahui bahwa Serda Mugiyanto ini yang juga dikenal dengan sebutan ‘Jenderal Klengkeng’ merupakan penyandang disabilitas amputasi satu kaki akibat terkena ledakan ranjau darat saat melaksanakan tugas pengamanan daerah rawan di Ambon Maluku tahun 2001 dan telah menjalani rehabilitasi terpadu di Pusrehab Kemhan Jakarta tahun 2004 silam.

Dalam perbincangan dengan Serda Mugiyanto, beliau menyampaikan apresiasi dan rasa bangga, karena seorang yang sudah kehilangan salah satu anggota tubuhnya, mampu untuk bangkit kembali menata hidup agar tidak bergantung dan menjadi beban bagi orang lain, bahkan bisa menjadi sang inspirator bagi banyak orang.

Know me for my abilities not my disability”, kenali aku karena kemampuanku bukan karena keterbatasanku. Mungkin kalimat tersebut, tidaklah berlebihan jika dialamatkan ke seorang yang bernama Mugiyanto. Prajurit yang sehari-harinya berdinas di Koramil Borobudur ini, telah membuktikan kepada banyak orang bahwa keterbatasan bukanlah penghambat untuk bisa maju bahkan berkarya melebihi orang yang masih memiliki tubuh sempurna.

Dalam testimoni singkatnya, Serda Mugiyanto tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada Kapusrehab Kemhan yang telah datang berkunjung jauh-jauh dari Jakarta dan juga secara umum menyampaikan terima kasih kepada seluruh rehabilitator Pusrehab Kemhan yang telah memberikan semangat dan motivasi dikala menjalani rehabilitas beberapa tahun yang silam, semoga Pusrehab Kemhan tetap menjadi tempat yang ramah bagi rekan-rekan sesama penyandang disabilitas lainnya, tutup Mugiyanto. (Subbagdatin) .




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia