PENUTUPAN REHABILITASI TERPADU RETURN TO DUTY DAN REHABILITASI MEDIK RETURN TO COMBAT GELOMBANG II TAHUN 2021

Sabtu, 20 November 2021

Kepala Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan (Kapusrehab Kemhan) Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi, Sp.OG., M.M.R.S secara resmi menutup Rehabilitasi terpadu Return to Duty dan Rehabilitasi Medik Paripurna Return to Combat bagi penyandang disabilitas personel TNI dan PNS Kemhan bertempat di lantai III Gedung Departemen Rehabilitasi Medik RS dr. Suyoto Pusrehab Kemhan (18/11).

Dalam amanatnya, Kapusrehab Kemhan menyampaikan bahwa Pusrehab Kemhan sebagai penyelenggara rehabilitasi bagi para penyandang disabilitas personel TNI dan PNS Kemhan merupakan suatu wadah untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan baik keterampilan, fisik maupun fungsi sosialnya agar siap dalam menjalankan kehidupan di masyarakat. Setelah rehabilitasi terpadu ini, diharapkan dapat menjadi insan yang profesional, mandiri dan entrepreneurship dengan cara mengaplikasikan keterampilan yang telah diperolehnya. Demikian pula bagi para peserta Rehabilitasi Medik Paripurna Return to Combat penyandang disabilitas personel TNI telah melewati proses rehabilitasi medik secara paripurna guna mengembalikan fungsi tubuhnya agar lebih maksimal didayagunakan kembali dalam menjalankan tugas di satuan tempur.

Tidak terasa empat bulan sudah berjalan, dimana para peserta meninggalkan keluarga untuk mengikuti rehabilitasi di Jakarta dan sebagian di Surakarta. Banyak suka duka yang dirasakan bersama, namun berkat kesabaran dan ketabahan serta keuletan para peserta, “hari ini tugas tersebut dapat diselesaikan dengan baik”, ungkap Kapusrehab Kemhan.

Diakhir amanatnya, beliau tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Kepala BBRSPDF dan jajarannya, bidang rehabilitasi medik, rehabilitasi voksional, rehabilitasi sosial, bagian tata usaha dan Rumah Sakit dr. Suyoto serta perwakilan Pusrehab Kemhan di Surakarta yang telah memberikan pelayanan kepada para peserta rehabilitasi secara maksimal. “Selamat kembali ke kesatuan, salam untuk keluarga dan komandan satuan masing-masing, tetap jalin tali silaturrahmi, kuatkan niat dan bulatkan tekad untuk siap mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang telah didapat untuk lebih berprestasi” tegas Kapusrehab Kemhan.

Para peserta dan seluruh undangan yang hadir tetap mematuhi protokol kesehatan yakni dengan memakai masker dan menjaga jarak. Kepala Bidang Rehabilitasi Vokasional Pusrehab Kemhan Kolonel Ckm Drs. Adi Priyono, Apt.,M.Kes selaku ketua panitia, dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah peserta Rehabilitasi Terpadu Return to Duty yang telah menjalankan rehabilitasi adalah 40 orang yang meliputi TNI AD (30 orang), TNI AL (2 orang), TNI AU (6 orang) dan PNS sebanyak 2 orang, sedangkan peserta Rehabilitasi Medik Paripurna Return to Combat sebanyak 10 orang terdiri dari TNI AD (9 orang) dan dari TNI AU 1 orang.

Acara ditutup dengan memberikan ucapan selamat tanpa berjabat tangan sebagai aturan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid 19. (Subbag Datin).

 

 

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia