PUSREHAB KEMHAN ‘TUAN RUMAH’ OLAH RAGA BERSAMA KOMUNITAS KESEHATAN KEMHAN, TNI DAN POLRI

Sabtu, 20 November 2021

Kepala Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan atau Kapusrehab Kemhan Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi, Sp.OG., M.M.R.S mengundang satuan kerja komunitas kesehatan, baik yang berada di Kementerian Pertahanan, Tentara Nasional Indonesia ditiga matra maupun dari Kepolisian dalam hal ini Pusdokkes Polri untuk olah raga bersama di Purehab Kemhan (19/11).

Dalam kata sambutan yang disampaikan oleh Kapusrehab Kemhan, beliau menyampaikan selamat datang dan ucapan terima kasih atas kedatangan para tamu undangan diantaranya Karumkit RSPAD Gatot Soebroto, Staf ahli Menhan Dr. Benny, Dirkes Ditjen Kuathan Kemhan, perwakilan Kapuskes TNI, perwakilan Kapuskesad, Kadiskesal, Kadiskesau dan Kapusdokkes Polri serta seluruh undangan yang sudah berkenan hadir. “Kita semua patut bersyukur karena cluster covid 19 semakin hari semakin melandai, namun kita tidak boleh lengah dan mari tetap mematuhi protokol kesehatan” ujar beliau.

Bapak dua putri ini melanjutkan bahwa Pusrehab Kemhan selain mempunyai program Return to Duty dan Return to Combat, juga ada yang namanya Return to Sport yakni pembinaan olah raga bagi penyandang disabilitas. “Pusrehab Kemhan telah mengirim sembilan atlit mewakili NPC Propinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat di ajang Peparnas (Pekan Paralimpik Nasional) XVI Papua dan berhasil menyabet 1 medali emas, 3 perak dan 10 perunggu” ucap Kapusrehab Kemhan diiringi tepuk tangan yang meriah dari para tamu yang hadir di lapangan tenis indoor Pusrehab Kemhan. Beliau yakin bahwa masih banyak bibit-bibit di daerah yang dapat dibina untuk menggapai prestasi, baik yang berada di matra darat, laut maupun udara.

Sementara itu, Karumkit RSPAD Gatot Soebroto Letjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya, Sp.THT-KL.,M.A.R.S, yang diminta oleh Kapusrehab Kemhan untuk memberikan sambutan didampingi oleh Dirkes Dirjen Kuathan Kemhan, beliau mengatakan bahwa begitu masuk ke pintu gerbang Pusrehab Kemhan ini, ‘disambut’ dengan tulisan where nation rehabilitates its heroes, sangat cocok dengan tugas pokok Pusrehab Kemhan yakni merehabilitasi para pahlawan yang ikut melaksanakan tugas negara, “salah satu contohnya misalnya seorang prajurit yang ikut tugas pengamanan perbatasan dan mengalami insiden/cedera atau kecelakaan”, ungkap Jenderal bintang tiga ini. Beliau yakin bahwa ke depan, Pusrehab Kemhan menjadi Centre of Rehabilition . “Teratai itu selalu terapung dan pasang surutnya air, teratai selalu ikut beradaptasi, itulah kesehatan.” tutup beliau.

Adapun tujuan dilaksanakan olah raga bersama adalah dalam rangka silaturrahim antara komunitas kesehatan dilingkungan Kemhan, TNI dan Polri dengan dua macam olah raga yakni tenis lapangan dan tenis meja. (Subbag Datin).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia