PUSREHAB KEMHAN DAPAT KUNJUNGAN DARI FKM UNHAN DALAM RANGKA AUDENSI

Senin, 31 Januari 2022

Kepala Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan RI (Kapusrehab Kemhan) Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi, Sp.OG., MARS didampingi pejabat Struktural Eselon III menerima kunjungan dari FKM Unhan RI (Fakultas Kedokteran Militer Universitas Pertahanan) yang dipimpin oleh Plh Dekan FKM Unhan RI Pembina IV/a Dr.dr. Herqutanto, MPH., MARS yang bertempat di Ruang Rapat Lantai 1 Gedung Jenderal MT. Haryono Pusrehab Kemhan, Jl. RC. Veteran Nomor 178 Bintaro Jakarta, (27/1).

Adapun kunjungan dari FKM Unhan RI ini adalah dalam rangka audensi dan rencana adanya perjanjian kerja sama dengan Rumah Sakit Pendidikan RS. dr. Suyoto Pusrehab Kemhan. Pada bagian awal pertemuan ini, Kapusrehab Kemhan mengucapkan selamat datang di Pusrehab Kemhan. Beliau memaparkan tentang program kerja dan berbagai kegiatan yang ada di Pusrehab Kemhan termasuk profile RS. dr. Suyoto mulai dari program Rehabilitasi Terpadu Return to Duty, Rehabilitasi Medik Paripurna Return to Combat, fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di RS. dr. Suyoto serta rencana pembangunan dan pengembangan Rumah Sakit tersebut. “RS dr. Suyoto akan berubah nama menjadi RS. Dr.Ir. Soekarno dan hal ini sudah mendapatkan persetujuan dari pihak Kemenpan-RB RI”,sambung Jenderal bintang satu ini dihadapan Dekan dan Staf FKM Unhan RI.

Sedangkan sambutan yang disampaikan oleh Dekan FKM Unhan RI, mengucapkan terima kasih atas penerimaan dan sambutannya. Beliau melanjutkan bahwa pengembangan Unhan RI akan bersinggungan dengan Pusrehab Kemhan. “Saat ini, kami sedang mendidik calon dokter akan tetapi tidak sama dengan calon dokter yang ada di Universitas lain, karena Unhan berada di lingkungan militer dan sebutan untuk mahasiswa yang sedang kuliah disebut sebagai Kadet. Para Kadet, lanjut Dekan, selama menempuh pendidikan di Unhan, mereka diasramakan. Dengan adanya pembangunan dan pengembangan Rumah Sakit ini, maka diharapkan para Kadet nantinya mendapatkan tempat praktek belajar (koass) yang menurut penuturan Dekan, bahwa hal tersebut dapat dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang.

Salahsatu hal yang diutarakan oleh Dekan FKM Unhan tersebut saat para Kadet praktek di Rumah Sakit Dr.Ir. Seokarno, beliau mengharapkan sudah tersedia mess sebagai tempat tinggal/home based. “Mess ini penting karena para Kadet, disamping selama ini diasramakan di Sentul juga akan praktek di berbagai Rumah Sakit TNI, seperti RSPAD, RS Mintohardjo dan juga RS Esnawan Antariksa”, ungkap Dekan. Apa yang diungkapkan Dekan, mendapat tanggapan positif dari Kapusrehab Kemhan dan akan dilaporkan kepada pimpinan. Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama di depan Mako Pusrehab Kemhan.(Subbag Datin).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia