Kapusrehab Kemhan : Mari Menanam Pohon Untuk Melestarikan Alam..!!

Jumat, 4 Maret 2022

Kepala Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi, Sp.OG., M.M.R.S didampingi para pejabat struktural eselon III dan IV Pusrehab Kemhan menanam pohon Klengkeng varietas Itoh Super di halaman samping rumah dinas jabatan Kapusrehab Kemhan Jl. RC. Veteran No. 178 Bintaro Jakarta Selatan, (Jumat, 4/3).

Dalam sambutan singkatnya, beliau menyampaikan bahwa kita akan mengganti pohon-pohon yang telah ada sebelumnya. “Saya melihat dan mengamati hampir setiap hari bahwa pohon-pohon besar seperti mangga dan lain-lain, sudah tidak produktif lagi bahkan menjadi sarang nyamuk karena sampah daun kering yang dihasilkan begitu banyak, walaupun setiap hari dibersihkan oleh cleaning service, sehingga saya berpikir untuk mengganti dengan pohon Klengkeng sebagaimana yang Bapak/Ibu lihat di sekitar kita dan hal ini juga sekaligus melestarikan alam”, tuturnya.

Beliau melanjutkan bahwa menanam pohon merupakan perbuatan yang sungguh mulia karena disamping ikut melestarikan alam, juga bernilai ibadah walaupun mungkin belum tentu yang menanam yang ikut menikmati hasilnya. “Bahkan pohon-pohon yang akan kita tanam ini, adalah untuk anak cucu kita” ungkapnya. Apa yang disampaikan oleh beliau sejalan dengan pemahaman kebanyakan orang bahwa merawat planet bumi ini bukan melulu tentang kebaikan generasi kita saat ini. Bukan melulu tentang kebaikan untuk diri sendiri. Merawat bumi adalah tentang bagaimana kita akan mewariskan kekayaan alam ini pada generasi mendatang.

Pada bagian akhir sambutannya, Kapusrehab Kemhan mengajak bahwa setelah ditanam agar dirawat sehingga pohon yang telah ditanam dapat tumbuh subur sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama. Penanaman perdana pohon Klengkeng ini dilakukan oleh Kapusrehab Kemhan, lalu diikuti oleh pejabat yang lain diantaranya Kabag TU, Karumkit RS dr. Suyoto, Kabid Rehab Vokasional dan Kabid Rehab Medik serta Kabid Rehab Sosial. (subbagdatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia