Pusrehab Kemhan Kembali Adakan kegiatan Home Visit, Bimbingan lanjut dan Sosialisasi di Wilayah Kodam Iskandar Muda Banda Aceh

Senin, 14 Maret 2022

Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan sebagai unsur pendukung pelaksanaan tugas dan fungsi pertahanan mempunyai tugas menyelenggarakan dukungan yang bersifat substantive kepada seluruh UO di lingkungan Kemhan di bidang Rehabilitasi Medik, Rehabilitasi Vokasional, Rehabilitasi Sosial dan Perumahsakitan.

Kegiatan Home visit dan bimbingan lanjut yang menjadi tugas dan tanggung jawab Bidang Rehabilitasi Sosial melaksanakan kegiatan tersebut di ujung paling barat Indonesia, tepatnya di Wilayah Kodam Iskandar Muda Banda Aceh selama 4 hari, mulai tanggal 8 Maret 2022. Kegiatan ini menghadirkan langsung orang nomor satu di Pusrehab Kemhan yakni Kepala Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi, Sp.OG., M.M.R.S didampingi oleh beberapa pejabat struktural/fungsional eselon III dan IV Pusrehab Kemhan, diantaranya Kabid Rehabilitasi Sosial dan Kabid Rehabilitasi Medik serta Pekerja Sosial Ahli Madya.

Dalam kunjungannya, Kapusrehab Kemhan dan Tim didampingi oleh pejabat personalia Kodam IM langsung menuju tempat tinggal para penyandang disabilitas personel TNI yang berada di Banda Aceh dan sekitarnya. Home visit dan bimbingan lanjut ini, di samping memberikan pelayanan bimbingan psikologi dan sosial juga menghimpun permasalahan yang dihadapi, memberikan motivasi agar mereka tetap bersemangat serta pemberian tali asih. Adapun jumlah penyandang disabilitas yang dikunjungi sebanyak 6 orang yang sebagian besar berdomisili di Kota Banda Aceh dengan berbagai macam kedisabilitasan seperti amputasi jari, patah tulang, gangguan penglihatan dan pendengaran serta penyempitan tulang belakang. “Saya berharap, kalian tetap memiliki semangat yang tinggi, pantang menyerah dan terus berinovasi”, pinta Kapusrehab Kemhan kepada salahsatu personel yang dikunjungi.

Kegiatan lainnya yang tak kalah pentingnya adalah sosialisasi tentang Peraturan Kementerian Pertahanan Nomor 11 Tahun 2021 Tanggal 7 Juli 2021 tentang Pelaksanaan Kesamaptaan Jasmani Bagi Prajurit TNI dan Kesegaran Jasmani Bagi PNS Kemhan yang berstatus sebagai penyandang disabilitas. Kegiatan ini digelar di Aula Bekangdam IM yang berada di daerah Situi, Banda Aceh (8/3). Peserta sosialisasi yang hadir merupakan pejabat personalia, pejabat kesehatan dan tentunya penyandang disabilitas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Peserta bukan hanya dari Matra Darat, akan tetapi juga dihadiri oleh perwakilan dari Matra Laut dan Udara. Peraturan yang diinisiasi pertama kali oleh Pusrehab Kemhan ini menjadi ‘angin segar’ bagi para penyandang disabilitas personel TNI dan PNS Kemhan, dimana selama ini, “Salah satu hal yang menjadi permasalahan terutama pada saat mereka akan naik pangkat, kursus/sekolah dibutuhkan nilai kesamaptaan jasmani”, ungkap Kapusrehab Kemhan pada saat memberikan kata sambutan. Aturan kesamaptaan jasmani selama ini belum mengakomodir bagi personel yang berstatus sebagai penyandang disabilitas.

Sementara itu, Pangdam IM Mayjen TNI Mohamad Hasan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kapoksahli Brigjen TNI M. Syech Ismed, SE.,M.Han mengucapkan selamat datang kepada Kapusrehab Kemhan dan Tim. Pangdam juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kapusrehab dan Tim sosialisasi yang akan membagi ilmu dan pengetahuannya tentang peraturan ini yang nantinya dapat dijadikan sebagai acuan dan pedoman bagi seluruh personel TNI dan PNS Kemhan yang berdinas di Kodam IM ini terutama yang berstatus sebagai penyandang disabilitas. Jenderal bintang dua ini, berharap kepada peserta sosialisasi agar dapat mengikuti dengan seksama dan mencermati serta menanyakan apabila ada hal-hal yang kurang dipahami. “Tetap menaati protokol kesehatan mengingat situasi saat ini masih adanya pandemi covid 19”, tegas mantan Danjen Kopassus ini. Diakhir sambutannya, beliau berharap sekaligus mengajak semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya dalam melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan negara yang kita cintai. (subbagdatin).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia