KAPUSREHAB KEMHAN SAKSIKAN PENYERAHAN BUKU TENTANG KISAH PERJALANAN HIDUP SALAH SATU PENYANDANG DISABILITAS PERSONEL TNI

Kamis, 17 Maret 2022

 

 

 

Kepala Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi, Sp.OG., M.M.R.S didampingi oleh pejabat struktural eselon III Pusrehab Kemhan menyaksikan penyerahan buku secara simbolis dari seorang penyandang disabilitas personel TNI Sertu (K) Rizka Nurjanah kepada Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa yang diwakili oleh Koorspri Panglima TNI bertempat di ruang kerja Kapusrehab Kemhan, Jl. RC. Veteran No. 178 Bintaro Jakarta Selatan (15/3/2022).

Mba Rizka, begitu sapaan akrabnya, merupakan salah satu peserta rehabilitasi terpadu yang diselenggarakan oleh Pusrehab Kemhan. Jenis vokasional yang ditekuni oleh penyandang disabilitas tuna netra ini adalah musik. Berbicara sekilas tentang buku yang berjudul “AKU PRAJURIT! AKU HARUS BANGKIT!”, berkisah tentang perjuangan seorang Sertu (K) Rizka Nurjanah melawan tumor otak. Meskipun masih dalam terapi untuk metastasis tumornya dan dalam kondisi tidak dapat melihat, ia tetap bersemangat untuk bangkit dan bermanfaat. Buku dengan jumlah halaman 200 dan full colour ini, sebagai kata sambutan, disampaikan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E, M.A, M.Sc, M.Phil, Ph.D dan pengantar oleh Brigjen TNI Dr. Rachmat Setiawibawa, S.IP, M.M, M.Tr (Han) serta penulis oleh dr. Gustrin Oktaviayu, M.M dengan Disjarahad sebagai penyunting.

Menurut penuturan mba Rizka dalam buku tersebut bahwa “meskipun kisahku tak seberapa dibandingkan kisah pejuang lainnya yang bertarung nyawa, aku berharap kisah ini bisa memberi inspirasi dan memberi warna tersendiri”, ungkap mba Rizka yang tetap semangat dibalik keterbatasannya. Dia berharap kisahnya akan dikenang dalam buku tersebut sampai dia tinggal kenangan. Buku ini rencananya akan dibagi dengan jumlah 500 eksemplar sebagai pendahuluan kepada Wanita TNI (Wan TNI) yang berdinas di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur.

Sementara itu, Kapusrehab Kemhan selain menyaksikan penyerahan buku tentang kisah perjuangan mba Rizka, juga menyerahkan buku yang tak kalah bagusnya. Buku yang penuh inspiratif ini diberi judul “Berdampak melampaui keterbatasan” diberikan oleh Kapusrehab Kemhan kepada Panglima TNI melalui Koorspri Panglima TNI di tempat yang sama. “Buku ini memuat tentang kisah nyata perjuangan hidup para penyandang disabilitas personel TNI dan PNS Kemhan dalam meraih berbagai prestasi olahraga dan bidang lainnya, yang melampaui keterbatasan”, ungkap beliau singkat. Harapannya, semoga buku-buku ini dapat menjadi saksi bisu sejarah dan tentunya bermanfaat bagi para pembacanya. (Subbagdatin).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia