Kapusrehab Kemhan Tampil Sebagai Narasumber Dalam Acara Rakornis Binjas TNI di Pusjaspermildas Mabes TNI Cilangkap Jaktim

Rabu, 30 Maret 2022

 

 

 

Kepala Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan (Kapusrehab Kenhan) Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi, Sp.OG., M.M.R.S diundang secara khusus sebagai narasumber dalam acara Rapat Koordinasi Tehnis Pembinaan Jasmani Tentara Nasional Indonesia (Rakornis Binjas TNI) oleh Kapusjaspermildas TNI Brigjen TNI Robert D. Ndona yang bertempat di Aula Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, (29/3/2022).

Rakornis Binjas TNI yang dibuka dan ditutup langsung oleh Kapusjaspermildas TNI ini dilaksanakan, baik secara offline/langsung maupun melalui video conference yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia. Tema yang diusung pada Rakornis tahun 2022 ini adalah “Pusjaspermildas TNI siap mendukung terwujudnya sumber daya manusia yang sehat dan samapta”. Dalam amanatnya, beliau tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada para narasumber yang ditengah-tengah kesibukannya, masih sempat untuk hadir diantaranya adalah Mas Ade Rai dan Mas Halim Jiang dan tentunya Kapusrehab Kemhan.

Seiring dengan tema Rakornis tersebut, Kapusrehab Kemhan membawakan materi yakni “Peran Pusrehab Kemhan dan Implementasi Permenhan tentang pelaksanaan Garjas bagi Personel TNI dan PNS Kemhan Penyandang Disabilitas”. Jenderal bintang satu lulusan Fakultas Kedokteran Unpad Bandung ini mengupas tentang Permenhan Nomor 11 Tahun 2021 tentang Kesamaptaan Jasmani bagi Personel TNI dan Kesegaran Jasmani bagi PNS Kenhan yang berstatus penyandang disabilitas. Hal ini merupakan ‘barang’ baru di bidang jasmani karena baru ada satu peraturan perundang-undangan yang mengatur secara khusus tentang aturan dan prosedur pelaksanaan serta penilaian samapta jasmani ‘khusus’ tersebut.

Sekadar informasi bahwa Kapusrehab Kemhan telah melaksanakan sosialisasi Permenhan tersebut ke berbagai satuan TNI yang ada di Indonesia, mulai dari wilayah Kodam XIV/Hsn di Makassar, wilayah Kodam I/BB di Medan dan yang teranyar adalah di wilayah Kodam Iskandar Muda di Banda Aceh. Sedangkan narasumber lainnya adalah Mas Ade Raid an Mas Halim Jiang dengan membawakan materi tentang “Manfaat Latihan Fisik untuk meningkatkan kesegaran jasmani”.

Rakornis ini berjalan dengan lancar, aman dan pada bagian akhir acara, diadakan sesi foto bersama. (Subbagdatin).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia