KUNJUNGAN KERJA KAPUSREHAB KEMHAN KE SURAKARTA DAN SEMARANG

Senin, 18 Juli 2022

Diawal jabatannya sebagai Kapusrehab Kemhan, Brigjen TNI dr. Daniel Lumadyo Wartoadi, Sp.Rad memulai kunjungan kerjanya ke Sentra Terpadu Prof. Dr. Soeharso di Surakarta dan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Semarang pada Senin 18 Juli 2022.

Dalam kunjungannya ke Surakarta, Kapusrehab Kemhan diterima langsung oleh Kepala Sentra Terpadu Prof. Dr. Soeharso Surakarta, Syaiful Samad, A.KS, M.Si di ruang kerjanya bersama dengan beberapa pejabat eselon 3 dan 4 kantor Sentra Terpadu Prof. Dr. Soeharso Kementerian Sosial di Surakarta. Sedangkan Kapusrehab Kemhan didampingi oleh Kabid Rehabvok Kolonel Ckm Drs Adi Priyono, Apt, M.Kes dan Koordinator Perwakilan Pusrehab Kemhan Surakarta Mayor Ckm Sriyamto, A.Md.Kep.

Meskipun kedua pejabat eselon 2 tersebut belum genap satu bulan menduduki jabatan masing-masing, namun keduanya sudah melakukan pembicaraan banyak hal untuk menindaklanjuti kerja sama yang telah terjalin baik selama ini. Beberapa hal yang perlu mendapat perhatian kedua belah pihak diantaranya adalah peningkatan sarana dan prasarana kelas dan jurusan serta peningkatan layanan kesehatan bagi para penyandang disabilitas prajurit TNI dan PNS Kemhan yg mengikuti rehabilitasi terpadu di Surakarta.

Kepala Sentra Terpadu Prof. Dr. Soeharso Surakarta sangat mengapresiasi kehadiran peserta rehabilitasi terpadu dari Pusrehab Kemhan yg menekuni beberapa jurusan vokasional di kantornya.

“Peserta rehabilitasi terpadu dari Pusrehab Kemhan bisa menjadi partner yang baik dalam setiap kegiatan bersama di lingkungan Sentra Terpadu ini. Layanan kesehatan yang ada di Sentra Terpadu bisa dimanfaatkan oleh mereka sehingga tidak harus keluar area saat mereka membutuhkan” ujarnya.

Sementara itu, Kapusrehab Kemhan menyampaikan terima kasih dan penghargaannya atas penerimaan dan penawaran layanan kesehatan bagi para peserta rehabilitasi terpadu dari Pusrehab Kemhan.

Seusai melakukan pembicaraan, Kapusrehab Kemhan meninjau beberapa sarpras diantaranya poliklinik dan layanan rehabilitasi medik dan bengkel produksi aneka jenis kursi roda utk para penyandang disabilitas.

Pada kunjungan berikutnya ke Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Kapusrehab Kemhan Brigjen TNI dr Daniel Lumadyo Wartoadi, Sp.Rad didampingi oleh Kabid Rehabvok Kolonel Ckm Drs Adi Priyono, Apt, M.Kes diterima langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Undip Prof.Ir. M. Agung Wibowo, MM, M.Sc, P.hD. Kunjungan Kapusrehab Kemhan untuk menindaklanjuti kerja sama yang telah dilakukan sebelumnya, khususnya dalam proses pembuatan orthose prothese untuk para penyandang disabilitas.

Pada kesempatan tersebut Kapusrehab Kemhan dan Dekan Fakultas Teknik Undip sepakat untuk membuat terobosan dalam bentuk inovasi penelitian baru di bidang Biomedical Engineering seperti pembuatan Bionic Hand, Robotic bidang kedokteran dan sejenisnya. Kapusrehab Kemhan juga mendorong untuk dilakukannya perluasan materi kerja sama antara Universitas Diponegoro dengan Kementerian Pertahanan, khususnya Pusrehab Kemhan.

Pertemuan diakhiri dengan ajakan untuk saling menjajagi kunjungan masing-masing tim dalam upaya merealisasikan gagasan dimaksud.(Subbagdatin).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia