Focus Group Discussion (FGD) “Penyelenggaraan Garjas Prajurit dan PNS Disabilitas di Lingkungan TNI

Selasa, 27 September 2022

Kapusjaspermildas TNI Brigjen TNI Robert D. Ndona membuka dan mengikuti jalannya acara Focus Group Discussion (FGD) yang digelar oleh Pusjasmermildas di Aula Pusjasmermildas TNI, Jakarta Timur, Rabu (21/9/2022). Dalam sambutannya beliau berharap dengan FGD ini mendapat masukan dan saran sebagai bahan acuan untuk menyusun Bujuknis atau Pedoman Penyelenggaraan Garjas Prajurit TNI dan PNS Kemhan Penyandang Disabilitas di Lingkungan TNI yang nantinya akan diberlakukan juga di tiap angkatan di jajaran Mabes TNI. Dan sebagai Upaya menindaklanjuti Persamaan Hak dan Kewajiban Penyandang Disabilitas Personel TNI dan PNS Kemhan yang tertuang dalam UU No 8 Tahun 2016 dan Permenhan No 11 Tahun 2021.

Guna membahas atau mencari metode untuk penyelenggaraan kesegaran Jasmani Penyandang Disabilitas baik dengan menyederhanakan Permenhan yang sudah ada atau merumuskan kembali metode penyelenggaraan dilihat dari sudut pandang ilmu keolahragaan (Pakar Olahraga) dan Psikologi yang bersifat menyesuaikan dengan kondisi para penyandang disabilitas yang sudah dinyatakan sehat oleh kedokteran, Pusjaspermildas mengundang 3 pakar yang membidangi.

Dalam Focus Group Discussion (FGD) yang mengangkat tema “Penyelenggaraan Garjas Prajurit dan PNS Disabilitas di Lingkungan TNI”, Kabid Rehabsos Kolonel Ckm dr. Sunaryo Kusumo, M.Kes, Sp.OT(K) sebagai narasumber pertama dengan Topik “Kesamaptaan Jasmani Bagi Prajurit Penyandang Disabilitas”. Dr. Iwan Hermawan, MPd sebagai nara sumber kedua dengan tema “Metode Penyiapan Kondisi Fisik Prajurit TNI dan PNS Penyandang Disabilitas TNI”.

Kemudian Narasumber 3 Kabiddukpsiops Puspsi TNI, Kol Laut (KH) Ari Yudha Kartika, M.Psi dengan tema “Pelaksanaan Garjas Prajurit dan PNS Disabilitas dalam Perspektif Psikologi” (SubbagDatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia