SEMINAR REHAB AMPUTASI TA. 2018

Kamis, 27 September 2018

2 3

Seminar yang diadakan oleh bidang Rehabilitasi Medik Pusrehab Kemhan pada hari Rabu tanggal 26 September 2018 di Gedung Rehabmedik lantai 3 yang diikuti oleh 70 peserta orang internal Pusrehab Kemhan. Peserta seminar didominasi oleh perawat yang bekerja di rumah sakit dr. Suyoto Pusrehab Kemhan. Adapun yang menjadi narasumber adalah Kolonel Suparmanto mengulas tentang jenis Protesa bawah lutut yang cocok untuk olahragawan dengan amputasi bawah lutut. Letkol CKM dr. Sunaryo, Sp. OT, M.Kes, membahas tentang rehab amputasi ditinjau dari sisi bedah ortopedi. Letkol CKM (K) dr. Endang Ernandini, Sp. RM, MARS, membahas tentang penyiapan penyandang disabilitas amputasi bawah lutut untuk menjadi olahragawan yang berprestasi.

Rehab atau rehabilitasi adalah sebuah kegiatan ataupun proses untuk membantu para pasien yang mempunyai penyakit serius atau kecacatan / disabilitas yang memerlukan pengobatan medis untuk mencapai kemampuan fisik, psikologis, dan sosial yang maksimal. Sedangkan pengertian rehabilitasi medik menurut Permenkes nomor 29 tahun 2009 adalah pelayanan yang diberikan untuk pemeliharaan kesehatan peserta dalam bentuk fisioterapi, terapi okupasi, terapi wicara dan bimbingan sosial medic serta ortotik prostetik. Amputasi adalah operasi pengangkatan seluruh atau sebagian anggota tubuh seperti kaki, tangan atau jari.

Seminar kali ini bertujuan untuk mengenalkan berbagai jenis protesa terutama dengan amputasi bawah lutut, pelayanan rehabilitasi medic serta dari sisi bedah ortopedi. Salah satu penyebab yang paling sering terjadi adalah karena sirkulasi yang buruk atau adanya kerusakan pembuluh darah arteri, sel-sel tubuh tidak bisa mendapatkan oksigen atau nutrisi dari aliran darah. Penyebab lainnya yang menyebabkan amputasi adalah seperti cidera parah (kecelakaan kendaraan atau luka bakar serius), tumor ganas, kanker tulang, infeksi serius yang tidak membaik dengan antibiotik atau pengobatan lainnya, penebalan jaringan syaraf (neuroma) dan kematian jaringan karena pembekuan (frostbite).

Dengan seminar ini diharapkan adanya peningkatan keilmuan dan keterampilan khususnya bagi perawat dan paramedis pada umumnya yang bekerja di Pusrehab Kemhan terutama yang berdinas di RS dr. Suyoto dapat memberikan pelayanan terbaik kepada penyandang disabilitas personel Kemhan dan TNI maupun masyarakat umum lainnya.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia