KALA KAPUSREHAB KEMHAN JADI ROLE MODEL BINA FISIK LEWAT OLAH RAGA

Rabu, 1 September 2021

Pada banyak kesempatan, baik pada saat rapat staf maupun pada saat jam pimpinan kepada para peserta rehabilitasi terpadu Return to Duty (RTD) dan rehabilitasi medik paripurna Return to Combat (RTC), Kapusrehab Kemhan Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi, Sp.OG., M.M.R.S selalu mengajak untuk mematuhi protokol kesehatan dalam rangka memutus rantai penyebaran covid 19, dan meningkatkan kekebalan tubuh dengan rutin berolah raga. Berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah seperti program serbuan vaksinasi, tidak serta merta dan tidaklah cukup untuk menghentikan laju penyebaran virus yang mematikan ini.

Peran serta masyarakat tentunya sangat dibutuhkan dalam membantu pemerintah untuk melewati masa-masa yang sulit ini. Salah satu yang dapat dilakukan oleh setiap individu dengan sangat mudah bahkan tidak membutuhkan ‘modal’ dan hanya membutuhkan tekad yang kuat adalah dengan cara melakukan olah raga dengan cara jogging, sekadar berjalan kaki atau cabang olah raga lainnya.

Kementerian Pertahanan RI memberikan kesempatan kepada setiap pegawai tanpa terkecuali untuk melaksanakan olah raga minimal 2 kali dalam setiap pekan yakni hari Selasa dan Jumat. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh para pegawai Pusrehab Kemhan, tidak terkecuali oleh orang nomor wahid di Institusi yang tugas pokok dan fungsinya adalah merehabilitasi para penyandang disabilitas personel TNI dan PNS Kemhan. Pria yang memiliki tinggi dan berat badan ideal ini ternyata mempunyai hobbi berbagai macam olah raga seperti tenis meja, tenis lapangan dan olah raga golf.

Jenderal bintang satu yang berdinas lama di pulau Kalimantan ini memanfaatkan waktu berolah raga dengan sebaik-baiknya untuk menjaga dan membina fisik demi kebugaran tubuh sehingga dapat meningkatkan imunitas/kekebalan tubuh. Fakta telah membuktikan bahwa beliau bukan hanya menjadi contoh akan tetapi sebagai Role Model dalam membina fisik melalui olah raga. Mari membina fisik, bukankah dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, seperti pepatah populer yang berbunyi “Mensana in corporesano”. (Subbagdatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia