PUSREHAB KEMHAN LAKSANAKAN KEGIATAN HOME VISITE DAN SOSIALISASI DI KODAM XIV/HSN MAKASSAR

Kamis, 30 September 2021

 


Diera kepemimpinan Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi, Sp.OG., M.M.R.S sebagai Kepala Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan RI, terus ‘memperkenalkan’ peran dan fungsi Pusrehab Kemhan kepada satuan kerja yang berada di wilayah Kotama seperti Kodam melalui berbagai program kerja yang telah direncanakan sebelumnya seperti yang telah dilaksanakan di Kodam XIV/Hsn bertempat di Aula Bina Yudha Makodam XIV/Hsn, Jl. Jenderal Urip Sumoharjo Makassar (28/9).

Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh Pusrehab Kemhan adalah berupa home visite (kunjungan ke rumah) terhadap penyandang disabilitas personel TNI dan sosialisasi bagi para pejabat personalia dan pejabat kesehatan di wilayah Kodam XIV/Hsn yang berada di kota Makassar dan sekitarnya. Pihak Kodam XIV/Hsn sebagai tuan rumah yang dalam hal ini diwakili oleh Aspers Kasdam XIV/Hsn menyampaikan selamat datang di kota Makassar bagi seluruh tim Pusrehab Kemhan dan menyampaikan ucapan terima kasih atas keluangan waktu untuk berkunjung ke kota Makassar dalam rangka kegiatan home visite dan sosialisasi kepada personel Kodam XIV/Hsn. “Kami berharap semoga kegiatan ini membawa manfaat dan kepada peserta yang ikut agar menyimak secara saksama, khususnya pejabat yang terkait langsung pada penyandang disabilitas”, tandasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pusrehab Kemhan Kolonel Ckm Wahyudi Hesti Wahono, SE., M.M menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan dari pihak Kodam XIV/Hsn dan berharap semoga kunjungan kerja Pusrehab Kemhan ke kota Makassar kali ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk saling silaturrahmi. Paparan yang disampaikan oleh ketua tim dimulai dari peran Pusrehab Kemhan yakni tentang Rehabilitasi Terpadu Return to Duty dan rehabilitasi medik paripurna Return to Combat dan menyinggung sekilas tentang Return to Sport. Para peserta yang hadir begitu antusias menyimak penjelasan dari ketua tim Pusrehab Kemhan tersebut. Selain itu juga menghadirkan Ketua NPCI (National Paralympic Comitee Indonesia) Sulawesi Selatan yang merupakan wadah para atlit penyandang disabilitas berprestasi untuk bersinergi dengan penyandang disabilitas personel TNI yang berasal dari daerah. Harapannya agar atlit paralympic untuk lebih giat dalam latihan dari semua kecabangan olah raga yang dipertandingkan.

Selain kegiatan sosialisasi, tim Pusrehab Kemhan ini juga melaksanakan kegiatan home visite (kunjungan ke rumah) para penyandang disabilitas TNI yang berada di kota Makassar dan sekitarnya. Salah satu tujuannya adalah untuk memberikan motivasi agar mereka dapat lebih semangat dalam menjalani kehidupan sebagai seorang prajurit. Mereka diyakinkan bahwa negara tidak akan melupakan begitu saja atas berbagai pengabdian yang telah dipersembahkannya, namun ada institusi negara yang ikut memperhatikan ‘nasib’ ke depannya bagi para penyandang disabilitas personel TNI dan PNS Kemhan yakni melalui Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan RI di Jakarta.(Subbag Datin).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia