PUSREHAB KEMHAN SELENGGARAKAN KEGIATAN SOSIALISASI REHABILITASI RTD DAN RTC DI WILAYAH KODAM ISKANDAR MUDA BANDA ACEH

Rabu, 17 November 2021

Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan (Pusrehab Kemhan) yang secara organisasi bertanggung jawab langsung kepada Menteri Pertahanan melalui Sekretaris Jenderal Kemhan mempunyai tugas dan fungsi yakni menyelenggarakan Rehabilitasi Terpadu Return to Duty (RTD) bagi penyandang disabilitas personel TNI dan PNS Kemhan dan Rehabilitasi Medik Paripurna Return to Combat (RTC) bagi penyandang disabilitas personel TNI serta layanan perumahsakitan dan dukungan adminsitrasi.

Dibawah kepemimpinan Brigjen TNI dr. Nana Sarnadi, Sp.OG., M.M.R.S sebagai Kepala Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan RI saat ini, terus berupaya mengsosialisasikan peran, tugas dan fungsi Pusrehab Kemhan kepada seluruh unit organisasi (u.o) terutama u.o yang berada di Mabes TNI Angkatan Darat, Mabes TNI Angkatan Laut dan Mabes TNI Angkatan Udara secara bertahap terutama yang berada di satuan bawah/daerah seperti yang telah dilaksanakan di wilayah Kodam Iskandar Muda Banda Aceh tepatnya di Gedung Malahayati Makodam Iskandar Muda (11/11). Kegiatan sosialisasi kali ini dibuka oleh Wakil Asisten Personalia Kasdam Iskandar Muda Letkol Inf Adi Aradi mewakili Aspers Kasdam Iskandar Muda. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan selamat datang kepada Tim Pusrehab Kemhan dan juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan waktu untuk menyampaikan materi paparannya. “Saya minta kepada seluruh peserta yang hadir agar memperhatikan apa yang akan disampaikan dan bertanya apabila ada hal-hal yang belum dipahami”, tandasnya.

Sedianya Kapusrehab Kemhan berkenan hadir, namun pada hari yang sama, beliau ‘terbang’ ke Papua dalam rangka kegiatan monitoring sekaligus memberikan semangat dan motivasi kepada para penyandang disabilitas Personel TNI dan PNS Kemhan yang sedang mengikuti Peparnas (Pekan Paralimpik Nasional) XVI Papua, sehingga penyampaian materi paparan dipercayakan kepada Kasubbag Data dan Informasi Bagian Tata Usaha Pusrehab Kemhan Letkol Ckm Syahrir, S.KM., M.Kes. Para peserta sosialisasi menyimak dengan antusias materi yang dipaparkan oleh pemapar diantaranya tentang bagaiman perbedaan antara Rehabilitasi Terpadu Return to Duty dan Rehabilitasi Medik Paripurna Return to Combat serta pelayanan perumahsakitan yang ada di RS dr. Suyoto. Dari pihak panitia juga mengundang mitra kerjanya yakni dari Asabri Cabang Banda Aceh. Pihak Asabri Banda Aceh ini juga menyampaikan secara sekilas tentang program yang mereka miliki.

Sekadar informasi bahwa peserta sosialisasi yang hadir terdiri dari tiga matra yakni matra darat, matra laut dan matra udara serta Pegawai Negeri Sipil dengan tetap mematuhi protokel kesehatan untuk mencegah penyebaran covid 19. Kegiatan sosialisasi ini ditutup dengan foto bersama. (Subbag Datin).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia