Staf Ahli Bidang Keamanan


sabidkam

Mayjen TNI Eko Budi Soepriyanto

Mayjen TNI Eko Budi Soepriyanto dilantik sebagai Staf Ahli Menteri Pertahanan Bidang Keamanan pada tanggal 9 Januari 2017, menggantikan pejabat sebelumnya Mayjen Jenderal TNI Bambang Hermanto. Mayjen TNI Eko Budi Soepriyanto sebelumnya menjabat sebagai Ses Ditjen Pothan Kemhan.

Pengangkatan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 116/TPA/2016 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kemhan tanggal 4 Oktober 2016.

Perwira Tinggi TNI kelahiran Magelang tahun 1960 ini merupakan lulusan Akmil (Akademi Militer) pada tahun 1984. Setelah lulus dari Akmil dengan pangkat Letnan Dua, Mayjen TNI Eko Budi Soepriyanto mengawali penugasannya sebagai Komandan Pleton Yonif Kodam XII/ Tanjung Pura.

Selanjutnya berbagai penugasan lainnya dintaranya KASI 2/OPS/643/WS/REM 121, Wadan Yonif 509/9/2 KOSTRAD, Danyonif 509/9/2 KOSTRAD, Dandim 0822/REM 083/V/BRW, Komandan Brigif 13/1 KOSTRAD, Asop Kasdam VI/Tanjung Pura, Danrem 042/GAPU dan Direktur Veteran Ditjen Pothan Kemhan Kemhan.

Sementara untuk pendidikan kedinasan yang pernah ditempuh antara lain, Sus Sarcab If, Suslapa, Seskoad, Sus Raider, Susdan Brigif, Sus Ops Gab TNI, Sesko TNI dan Sus Danrem. Sedangkan untuk penugasan operasi yang telah dilaksanakan baik di dalam maupun di luar negeri yakni Ops Tim-Tim, Latkekar Malindo, Ops Lihkam Irian, Latma Safkar Indopura, Ops Lihkam Maluku dan Ops Lihkam NAD.

Atas jasa-jasanya dalam pengabdian kepada negara, beberapa tanda jasa telah diperoleh antara lain Satya Lencana Seroja, Satya Kesetiaan VIII Tahun, Satya Lencana GOM IX Raksaca Dharma, Satya Lencana Kesetiaan XVI Tahun, Satya Lencana Kesetiaan XXIV Tahun dan Satya Lencana Kep Nararya.

Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia