KEDATANGAN KRI DEWARUCI DI ST. JOHN’S CANADA

Senin, 6 Agustus 2012

61b53ace1fc45f2050662089d0fccab5.jpg

Pada hari Rabu lalu, tanggal 11 Juli 2012 Jam 10.00 waktu St. John\’s, KRI Dewaruci yang diawaki 77 ABK dan 1 wartawan \”Jawa Pos\” tiba di St. John\’s, Newfounland, Canada. Kapal bersandar di dermaga nomor 9 pelabuhan St. John\’s disambut oleh Duta Besar LBBP RI untuk Canada Ibu E. Dienne H. Moehario didampingi Konjen RI Toronto.  Kedatangan KRI Dewaruci ke St. John\’s, Canada merupakan kegiatan Port Visit yang pertama kalinya dalam sejarah 59 tahun operasi pelayaran kapal latih TNI AL ke luar negeri.

Berbagai kegiatan telah dilaksanakan termasuk resepsi diplomatik memperingati ke 60 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Canada di geladak KRI Dewaruci dengan tema \”Indonesia Night and Celebrating the Diamond Anniversary Diplomatic Relationship Indonesia-Canada 2012\”.  Selama bersandar di kota St. John\’s KRI Dewaruci mendapat dukungan pangkalan dari Canadian Force Station (CFS) dalam hal ini Canadian Navy berupa Liaison Officer, transportasi bis untuk kegiatan ABK, dan undangan jamuan makan siang di pangkalan.

Pada hari Sabtu, tanggal 14 Juli 2012 jam 14.00 waktu St. John\’s, KRI Dewaruci menuju Porto, Portugal. Keberangkatan kapal dilepas oleh Duta Besar RI untuk Canada didampingi Atase Laut Washington DC, staf KBRI Ottawa dan masyarakat kota Newfoundland-Labrador. Perlakuan ataupun dukungan yang diberikan oleh tuan rumah kepada KRI Dewaruci beserta seluruh ABK sangat maksimal, patut untuk ditiru dalam hal kesungguhan pada saat melayani tamu resmi.

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia