KEMAJUAN IMPLEMENTASI ADMM Plus EWG ON CT WORK PROGRAM 2011-2013

Senin, 6 Agustus 2012

12604ebcaeb970d93c8ca0eb54511842.jpg

Direktur Jenderal Strategi Perta- hanan Kementerian Perta- hanan RI, Mayjen TNI Puguh Santoso S.T, M.Sc beserta rombongan pada 3-6 April 2012, menghadiri per- temuan Initial Planning Conferrence (IPC) dan Experts Working Group on Counter Terorism (EWG on CT) di Washington DC, Amerika Serikat.

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan pertama di Makassar,Sulawesi-Selatan, pada 19-20 September 2011.Tujuannya untuk membahas realisasi Work Program 2011-2013, khususnya persiapan penyelenggaraan Counter Terrorism Exercise ( CTX ) yang akan diadakan di Indonesia pada 2013 mendatang.

Pada pertemuan tersebut juga dilakukan pertukaran pandangan atas berbagai isu CT, antara lain Developing Whole of Goverment Counter Terrorism Policies Regional, Counter Terrorism Challenge dan De Radicalization and Rehabilitation Program in the Region. Pertemuan tersebut dipimpin bersama (Co chairs) oleh Ketua Delegasi RI, Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Puguh Santoso dan Ketua Delegasi AS, Gary Reid, Deputy Assistant Secretary of Defence (DASD) for Special Operation Law Intensity Conflicts (SOLIC), US Departement of Defence. Seluruh negara anggota ADMM Plus hadir dalam pertemuan ini kecuali Myanmar dan India. Delegasi Indonesia terdiri dari personel Kemhan RI, TNI, Kemenko Polhukam, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Ditjen Kerjasama ASEAN Kemlu, Atase Laut RI, Pa FMS dan staf KBRI Washington DC. Pertemuan ADMM Plus EWG on CT dibuka oleh Michael Sheehan, Assistant Secretary of Defence for SOLIC, US Departement of Defence, yang menyampaikan tekad AS untuk tetap dengan ASEAN bekerjasama di bidang pemberantasan terorisme, khususnya dengan negara anggota ADMM Plus, walaupun kondisi finansial global sedang krisis. Untuk kedepannya, ADMM Plus EWG on CT diharapkan dapat berperan dalam menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan melalui kerjasama praktis dan penguatan kapasitas negara anggota ADMM Plus serta akan mendukung pelaksanaan latihan Table Top Exercise (TTX) dan Practical Exercise (PE) di Indonesia tahun 2013. Pada pertemuan tersebut Dirkersin Ditjen Strahan Kemhan mempresentasikan tentang kemajuan / implementasi ADMM Plus EWG on CT Work Program 2011-2013. Hasil pertemuan yang perlu mendapat perhatian yaitu :

a. Peserta EWG on CT menerima konsep design latihan TTX dan PE dengan berbagai masukan untuk penyempurnaan, yang akan dilakukan oleh Indonesia dan US selaku co-chair. Termasuk menerima jadwal ADMM-Plus Exercise on CT Planning, diantaranya Final Planning Conference pada bulan Maret 2013 serta pelaksanaan TTX dan PE pada September 2013 di Indonesia. Guna menyusun rencana latihan 2013 secara detil, pada Juli 2012, tim AS datang ke Jakarta.

b. Beberapa negara bahkan telah menyampaikan kesediaan untuk mengirimkan pasukan khusus Anti Teror untuk mengikuti latihan di Indonesia pada tahun 2013.

c. Skenario latihan yang diusulkan meliputi: penanganan terhadap serangan terror kapal tanker (kilang LNG), antisipasi penanganan terhadap adanya bahaya MANPAD yang telah direbut teroris, penanganan serangan teroris pada suatu acara olahraga di stadion dan penanganan serangan teroris- me menggunakan Chemical, Biological, Radiological and Nuclear (CBRN) serta upaya deradika- lisasi maupun rehabilitasi terhadap pelaku teror maupun korban aksi teroris.*)

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia