Pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri dan Pertahanan Indonesia – Jepang

Rabu, 31 Maret 2021

Jakarta – Pada Pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri dan Pertahanan Indonesia-Jepang 2 + 2 tahun ini, Menhan Prabowo Subianto didampingi oleh Pejabat Eselon I dan II, termasuk Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Dr. rer. pol. Rodon Pedrason, M.A. Pada petemuan tersebut telah dibahas beberapa topik di bidang pertahanan. Salah satu topik yang di angkat adalah Kebijakan Negara tentang Modernisasi Alutsista Indonesia dan Pengembangan Industri Pertahanan Nasional. Untuk mendukung misi tersebut, perlu membangun jaringan yang lebih luas dan kerjasama internasional dengan negara sahabat seperti Jepang.

Dalam kegiatan ini, Menhan juga menandatangani Perjanjian Kerjasama Alih Alutsista dan Teknologi yang menandai dimulainya kerja sama antara industri pertahanan Indonesia dan Jepang.

Selain industri pertahanan, Pertemuan 2+2 juga telah membahas kerjasama militer yang meliputi pendidikan, kunjungan pejabat, forum dialog dan lain-lain sesuai dengan ruang lingkup Nota Kerja Sama dan Pertukaran Bidang Pertahanan 2015. Selain itu, Menhan Prabowo Subianto juga mendorong terwujudnya latihan bersama antar kedua Angkatan Bersenjata.

Kedua Menhan juga membahas Pengembangan Kapasitas dan Berbagi Pengalaman dan Pengetahuan tentang Bantuan Kemanusiaan dan Kerja Sama Bantuan Bencana (HADR). Topik ini sangat penting mengingat kedua negara sering menghadapi berbagai bencana alam sehingga diperlukan sumber daya manusia yang profesional dalam menangani bencana.    (@)

Dokumentasi  : Klik Disini




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia