Pertemuan the 14th ADMM Plus EWG on PKO

Selasa, 6 April 2021

Pertemuan the14th ADMM Plus Experts’ Working Group on Peacekeeping Operations (EWG on PKO) telah dilaksanakan pada tanggal 6 April 2021. Pertemuan dipimpin oleh Ketua Bersama EWG on PKO dari Vietnam dan Jepang Sr. Col. Mac Duc Trong dan Matsuzawa Tomoko.

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan, Brigjen TNI J. Binsar Parluhutan Sianipar dan diikuti oleh perwakilan dari Ditkersinhan Ditjen Strahan Kemhan, Sops TNI, Puskersin TNI, PMPP TNI dan Ditpolkam ASEAN Kemlu. Pertemuan tersebut merupakan pertemuan pertama pada siklus 2021-2023.

Pertemuan ini dibagi menjadi 3 sesi yaitu, 1. Review and Lesson Learnt of Cycle 2017-2019, 2. Presentasi Work Plan Siklus keempat 2021-2023, 3. Diskusi tematik tentang Women, Peace and Security (WPS). Dirkersinhan juga menyampaikan presentasi tentang a review and lesson learnt of Cycle 2017-2019 bersama dengan Brigadier Marsh, Australia.  Pada siklus ketiga tersebut Indonesia dan Australia menjadi Ketua Bersama EWG on PKO dan sukses menyelenggarakan Field Training Exercise di PMPP TNI Bogor pada bulan September 2019 sebagai puncak kegiatan siklus ketiga EWG on PKO yang dilaksanakan bersama-sama (co-located) dengan EWG on Humanitarian Mine Action. Pada sesi ketiga, Delegasi RI dari PMPP TNI memaparkan tentang Experience and Initiatives of Indonesia in Deploying Female Military Personnel to UN Peace Operations.  ($)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia