Pertemuan 18th ASEAN Regional Forum Security Policy Conference (ASPC)

Kamis, 27 Mei 2021

Pertemuan 18th ASEAN Regional Forum Security Policy Conference (ASPC) telah dilaksanakan secara virtual pada tanggal 27 Mei 2021 yang dihadiri oleh 25 negara anggota ASEAN Regional Forum (ARF). Pertemuan 18th ASPC dipimpin oleh Chair ASPC Brunei Darussalam, Brigadier General (Retired) Dato Seri Pahlawan Shahril Anwar Bin Haji Ma’awiah. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Dirjen Strahan Kemhan, Mayjen TNI Dr. rer. pol. Rodon Pedrason, M.A. dan beranggotakan perwakilan dari Kemhan, Mabes TNI, Kemenko Polhukam dan Kemlu.

Para ketua delegasi menyampaikan pandangan mengenai isu-isu keamanan terkini kawasan dan internasional, ancaman keamanan yang meliputi dampak dari teknologi pada bidang pertahanan serta langkah-langkah untuk membangun kepercayaan dan kerjasama dalam menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan.

Indonesia menyampaikan bahwa penggunaan teknologi pada bidang pertahanan harus berdasarkan pada hukum internasional untuk tujuan damai, pembahasan untuk membentuk norma baru yang mengatur tentang teknologi tersebut harus dilaksanakan pada kerangka multilateral yang inklusif, serta pentingnya pembangunan kapasitas dan transfer teknologi bagi negara berkembang. Secara khusus Indonesia menyampaikan tentang kerjasama ASEAN Our Eyes sebagai upaya menanggulangi ancaman terorisme, dimana kelompok teroris telah menggunakan teknologi informasi dalam memperluas jangkauan dan metode operasinya. Indonesia juga menyampaikan pandangan terkait isu Myanmar, Laut China Selatan, Semenanjung Korea dan Palestina.      (@)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia