Dirjen Strahan Menghadiri Clossing Ceremony ARMY GAMES 2021

Selasa, 7 September 2021

Jakarta – Army Games merupakan perlombaan militer internasional tahunan yang diselenggarakan oleh Rusia dan negara-negara sahabat. Tujuan lomba militer ini untuk menguji ketangkasan teknis dan kemampuan perorangan dalam menggunakan alutsista militer berupa pesawat tempur, kapal perang, kendaraan lapis baja dan ketangkasan militer perorangan sesuai dengan posisi dalam tugas militer. Pelaksanaannya tidak hanya terpusat di Rusia, namun dilaksanakan secara tersebar di negara-negara sahabat yang disesuaikan melalui tahapan lomba oleh panitia penyelenggara Rusia. Army Games tahun 2021 merupakan kegiatan lomba militer yang ke-7 dan dilaksanakan dari tanggal 22 Agustus 2021 s.d 4 September 2021. Dalam Army Games 2021 ini, Indonesia mengirimkan Observer pada materi lomba ketrampilan perorangan sebagai referensi keikutsertaan Indonesia dalam Army Games yang akan datang. Observer yang hadir diantaranya materi: Tactical Shooter (Menembak Taktis), Sniper Frontier (Ketangkasan penembak jitu), Polar Star (Ketangkasan Pasukan Khusus) dan Depth (Ketangkasan bawah air). Pengiriman observer diperlukan untuk menjajaki kesempatan jika Indonesia memutuskan untuk mengirim kontingan pada tahun depan.

Dalam penutupan Army Games ke-7 dihadiri oleh delegasi Indonesia. Dirjen Strahan Kemhan, Mayjen TNI Dr. rer. pol. Rodon Pedrason, M.A., sebagai Ketua Delegasi Indonesia yang terdiri dari unsur Kemhan, Mabes TNI dan Athan RI. Dirjen Strahan menyampaikan bahwa “Indonesia (akan) mengambil bagian dalam Army Games internasional untuk pertama kalinya pada tahun 2022,”. Hal ini disampaikan beliau di Kubinka “Park Patriot”, Moscow pada 4 September 2021. “Tahun ini kami hadir di sini sebagai pengamat. Tetapi ada kemungkinan yang sangat tinggi bahwa tahun depan kami akan bergabung dengan Army,” tegas Mayjen TNI Dr. rer. pol. Rodon Pedrason, M.A., saat menyaksikan balapan terakhir “Tank Biathlon”. Menurutnya, di antara kompetisi yang dilaksanakan selama Army Games di Rusia, Indonesia tertarik untuk mengikuti kompetisi tank, menembak senjata ringan dan khususnya penembak jitu atau sniper. “Saya yakin berkat acara seperti ini, kerja sama kami dengan Rusia akan semakin kuat selama tahun-tahun mendatang,” tambah Pedrason.

Penutupan Army Games 2021 dihadiri seluruh ketua delegasi negara sahabat dan peserta undangan penutupan Army Games. Dalam penutupan tersebut dilakukan penyerahan medali lomba Tank Biathlon oleh panitia lomba Army Games sebagai berikut:

1. Juara I : Rusia, medali diserahkan oleh General Bulgagov selaku Presiden Federation Army Games.

2. Juara II : China, medali diserahkan Lieutenant General Yunus Bek Bamatgireevich selaku Wamenhan Rusia.

3. Juara III : Kazakhstan, medali diserahkan oleh General Army Oleg Lenidovic Salyukov selaku Kasad Federasi Rusia.

4. Sebagai Juara Umum Army Games 2021 : Rusia.

Dalam kesempatan tersebut dibacakan amanat dari Presiden Rusia Vladimir Putin dan penyampaian selamat kepada para pemenang Army Games 2021 oleh Menhan Rusia secara Virtual.   (*)

Dokumentasi : Klik Disini

Dokumentasi : Video Klik Disini




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia