Pertemuan the 16th INDOMALPH

Jumat, 8 Oktober 2021

Jakarta – Pertemuan the 16th INDOMALPHI Joint Working Group on Trilateral Cooperative Arrangement (JWG on TCA) telah dilaksanakan secara virtual pada tanggal 6 s.d. 7 Oktober 2021. Pertemuan dipimpin bersama oleh Director Maritime Security and Sovereignty Division, National Security Council, Prime Minister’s Department of Malaysia, Mr. Roselin bin Rajab, Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan, diwakili oleh Kasubdit Multilateral Dirkersinhan, Kolonel Oktaheroe Ramsi; dan Undersecretary for Capability Assessment and Development Department of National Defense, the Philippines, Mr. Cesar B. Yano. Delegasi Indonesia beranggotakan perwakilan dari Kemhan, Mabes TNI, TNI AL, Kemenkopolhukam dan Kemlu.

Pertemuan JWG Meeting on TCA bertujuan membahas implementasi dan operasionalisasi kelanjutan kerangka kerja sama TCA antara Indonesia, Malaysia dan Filipina dalam upaya mengatasi masalah keamanan dan stabilitas di wilayah maritim yang menjadi perhatian bersama, yang salah satunya adalah melawan terorisme, serta membahas Standard Operating Procedures (SOPs) dan Operating Guidelines.

Pada sesi plenary pertama, ketiga negara mempresentasikan serta membahas perencanaan dalam dua sesi Sub-working Group (SWG) dan berkomitmen untuk terus melanjutkan kerja sama di bawah kerangka TCA meskipun terdapat banyak hambatan dikarenakan pandemi Covid-19. Perwakilan Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan secara khusus menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kontribusi yang berkelanjutan terhadap INDOMALPHI TCA, khususnya untuk Malaysia dan Filipina atas masukan dan dukungan terhadap Concept Paper kerja sama TMP yang meliputi pembahasan TAP serta MCCs, dan Sub-working group Intelligence.

Pertemuan JWG Meeting on TCA selanjutnya akan diselenggarakan oleh Filipina pada bulan Desember 2021 secara virtual.  ($)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia