Defence Policy Dialogue (DPD) RI-Vietman ke-2 Tahun 2021

Jumat, 15 Oktober 2021

Jakarta – Kementerian Pertahanan RI menjadi tuan rumah pertemuan Defence Policy Dialogue (DPD) ke-2 Indonesia dan Vietnam tahun 2021. Forum bilateral Biennial ini dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Sekjen Kemhan) Marsekal Madya TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S. bersama Wakil Menteri Pertahanan Nasional Republik Sosialis Vietnam Letnan Jenderal Senior HOANG XUAN CHIEN di Ruang OECC Lantai 14 Gedung Jenderal A. H. Nasution Kemhan, Jakarta, Kamis (14/10).

DPD memiliki peran penting dalam meningkatkan kerja sama pertahanan kedua negara, serta untuk memfasilitasi para pemangku kepentingan pertahanan dari kedua belah pihak untuk berbagi informasi tentang kebijakan pertahanan, kerja sama militer, industri pertahanan dan bidang lain yang terkait dengan pertahanan dan keamanan kawasan.

Sebelum puncak kegiatan forum DPD ke-2 ini, Indonesia dan Vietnam telah melaksanakan Military Cooperation Joint Working Group dan Defence Industry Cooperation Working Group pada tanggal 29 s.d. 30 September 2021. Kedua Joint Working Group tersebut merupakan rangkaian dari DPD. Pada kegiatan puncak DPD, kedua belah pihak bertukar pandangan tentang isu-isu regional dan global, seperti berbagi informasi tentang penanganan Covid-19, upaya menjaga stabilitas kawasan yang mencakup isu-isu terkini dan presentasi Buku Putih Pertahanan. “Saya yakin forum dialog ini akan bermanfaat dan membuahkan hasil yang baik bagi kerja sama pertahanan bilateral kedua negara di masa depan”, ujar Sekjen Kemhan.

Sebelumnya pada forum DPD pertama yang diadakan di Hanoi pada tahun 2019, kedua delegasi telah bertukar pandangan di berbagai bidang, diantaranya menyepakati program pertukaran pelajar dan pelatihan, serta kelanjutan kerja sama seperti intelijen, kedokteran militer dan sebagainya.

Turut hadir mendampingi Sekjen Kemhan diantaranya adalah Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Dr. rer. pol. Rodon Pedrason, M.A., Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan Brigadir Jenderal TNI J. Binsar P.S., S.E., M.Han, Dirjakstrahan Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI Dr. Untung Purwadi, S.E., M.Si., Dirtekindhan Ditjen Pothan Kemhan yang diwakili oleh Kasubdit Prokerma Dittekindhan Ditjen Pothan Kemhan Kolonel Anang Setiawan, Wakil Asisten Operasi (Waasops Panglima TNI) diwakili oleh Paban V Kerkamtas Sops TNI Kolonel Laut (P) Askari, dan Atase Pertahanan Vietnam untuk Indonesia, Kolonel Senior Do Xuan Quy sebagai perwakilan delegasi Vietnam. Disamping itu, terdapat juga anggota delegasi yang ikut berpartisipasi secara virtual dari beberapa lokasi lain yakni, Staf Ditjen Aspasaf Kemlu RI Arum Primasty, Mabes TNI dan perusahaan industri pertahanan, serta Anggota Delegasi dari Vietnam. Kedua pihak sepakat untuk pertemuan DPD selanjutnya akan dilaksanakan secara virtual / tatap muka pada tahun 2023 dengan tuan rumah Vietnam.  ($)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia