Perkuat Kerja Sama Pertahanan, The 2nd 2+2 SOM menjadi Wujud Komitmen Indonesia sebagai Special Strategic Partnership Korea Selatan

Sabtu, 29 Oktober 2022

Seoul – Indonesia dan Korea Selatan kembali memperkuat hubungan Special Strategic Partnership melalui penyelenggaraan kegiatan The 2nd Foreign and Defence Senior Officials Meeting (2+2 SOM) di Seoul, Korea pada tanggal 28 Oktober 2022. Direktur Jenderal Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Ditjen Strahan Kemhan RI), Rodon Pedrason dan Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI (Ditjen Aspasaf Kemlu RI), berkesempatan untuk membicarakan kerja sama pertahanan kedua negara baik yang sudah berjalan maupun potensial serta pertukaran pandangan mengenai isu – isu strategis yang terjadi di Kawasan dan global.

Rangkaian kegiatan 2+2 SOM RoK-RI terdiri dari kegiatan courtesy call dengan Duta Besar RI untuk Seoul, pertemuan bilateral dengan masing – masing counterpart, pertemuan 2+2 dengan Dirjen Kemhan dan Kemlu RoK, serta kunjungan delegasi RI ke Demilitarized Zone (DMZ) yang menandai batas antara kedua Korea sepanjang 249 kilometer. Dalam rangkaian kegiatan tersebut, diantaranya membahas mengenai kelanjutan kerja sama industry pertahanan, kerja sama dalam isu – isu keamanan seperti cyber security, peacekeeping operations, maritime security, serta counter terrorism, dan pertukaran pandangan mengenai isu Kawasan terutama Indo-Pasifik. Kemhan RI dan RoK juga membahas mengenai penguatan kerja sama pertahanan melalui pembentukan RI-RoK Joint Defence Cooperation Committee (JDCC) yang diharapkan dapat direalisasikan pada tahun 2023 mendatang. Selanjutnya, kegiatan kunjungan ke DMZ merupakan bentuk komitmen Indonesia dalam mendukung keamanan dan perdamaian di Semenanjung Korea.

Masih banyak ruang yang bisa digali untuk kerja sama pertahanan kedua negara, terutama dalam rangka membangun rasa saling percaya dan meningkatkan kerja sama industry pertahanan. Kemhan RI siap membangun hubungan kerja sama pertahanan yang lebih kuat dengan pihak Korea Selatan.” ujar Dirjen Strahan Kemhan RI. Dengan pelaksanaan 2+2 SOM diharapkan dapat mempererat hubungan kerja sama dan persahabatan antara Indonesia dan Korea Selatan terutama di bidang pertahanan sehingga dapat memberikan dampak positif bagi kepentingan nasional kedua negara, serta menjaga keamanan, perdamaian, dan stabilitas Kawasan.

Dokumentasi : Klik Disini




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia