Seminar tentang Pembangunan Kodam IKN Sebagai Satuan Operasional Pengaman Ibu Kota Negara Berbasis Sistem dan Instalasi Terpadu”

Jumat, 3 Maret 2023

Jakarta – Universitas Jenderal Achmad Yani selenggarakan seminar nasional dengan tema “Pembangunan Kodam IKN Sebagai Satuan Operasional Pengaman Ibu Kota Negara Berbasis Sistem dan Instalasi Terpadu” yang di laksanakan pada hari Kamis, tanggal 2 Maret 2023, bertempat di Aula Gedung Jenderal TNI Mulyono FISIP, Cimahi, Jawa Barat.

Kegiatan Seminar tersebut di buka oleh Kepala Staf AD (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman, selanjutnya dalam kegiatan seminar tersebut di bagi dalam dua sesi yang di isi oleh beberapa Narasumber yang diantaranya adalah Dr. Andi Widjajanto (Gubernur Lemhannas RI), Mayjen TNI I Ketut Duara, S.E., M.Tr.(Han). (Komandan Seskoad), Laksda TNI Prof. Dr. Ivan Yulivan, S.E., M.M. (Staf Ahli Bidang Hankam BIN), dan Laksma TNI Idham Faca, S.T., M.M. (Dirwilhan Ditjen Strahan Kemhan RI). Sedangkan pada sesi kedua, materi seminar diisi oleh Brigjen TNI Iroth Sonny Edhie (Komandan Pussansiad), Brigjen TNI (Purn.) Dr. Eri Radityawara Hidayat (Pakar Psikologi Militer Unhan), Ardi Suteja K. (Ketua Indonesia Cyber Security Forum), dan Dr. Sylvia Prisca Delima (Indonesia Environmental Scientist Association – IESA).

Selanjutnya dalam kegiatan seminar tersebut Laksamana Pertama TNI Idham Faca, S.T., M.M menyampaikan Paparannya yang bertemakan “Kebijakan Penataan Wilayah Pertahanan dalam Rangka Pengamanan Ibu Kota Negara (IKN) dalam penyampaiannya beliyau menyampaiakn beberapa penekanan yang diantaranya adalah :

Ibu kota negara sebagai Center of Grafity (CoG) berkedudukan sangat penting sebagai pusat pemerintahan, sehingga harus disiapkan secara matang, khususnya dr aspek Hankam yang memiliki nilai urgen dan strategis.

Pengamanan Ibu Kota Negara membutuhkan pembangunan satuan operasional TNI, guna menghadapi penomena ancaman militer, non militer maupun hibrida.

Kodam Khusus IKN sebagai satuan pelaksana Pengamanan Ibu Kota Negara dalam melaksanakan tugas dan fungsi penangkal, penindak, dan pemulih dr setiap potensi ancaman.

Salah satu obyek vital dalam perhitungan CoG adalah letak geografis dan konfigursi Ibu Kota Negara sebagai episentrum nilai politik, kebudayaan, ekonomi, dan sosial sutu Negara”.    ($)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia