Pertemuan the 11th JWG-OBP RI-Malaysia

Jumat, 24 Maret 2023

Jakarta – Pada tanggal 20 Maret 2023, telah dilaksanakan Pertemuan the 11th JWGOBP antara RI dan Malaysia di Nilai, Negeri Sembilan, Malaysia.

Delegasi RI dipimpin oleh Direktur Wilayah Pertahanan Ditjen Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI Laksamana Pertama TNI Idham Faca, S.T., M.M dan beranggotakan pejabat K/L terkait yaitu Direktur HP Kewilayahan, Direktur Kawasan, Perkotaan dan Batas Negara (Waskoban) Kemendagri, Asdep Koordinasi Wilayah Perbatasan dan Tata Ruang Pertahanan Kemenkopolhukam, Kepala Pusat Pemetaan Batas Wilayah Badan Informasi dan Geospasial (BIG), Sops Mabes TNI, Bais TNI. Ketua Delegasi Malaysia dipimpin oleh Mohammad Zaki Bin Mohd Ghazali, Dirjen Survey and Mapping (JUPEM) Malaysia, dengan anggota dari JUPEM, Kemlu dan Pemerintah Sabah.

Adapun hal-hal yang di bahas pada pertemuan ini antara lain:

Pertemuan membahas segmen batas darat di Pulau Sebatik dan Sungai Sinapad- Sesai yang merupakan 2 (dua) dari 7 (tujuh) OBP yang menjadi prioritas penyelesaiannya.

Pertemuan membahas laporan Co-Project Director (CPD) dan The Common Border Datum Reference Frame (CBDRF) terkait OBP segmen Pulau Sebatik dan Sungai Sinapad-Sesai yang menjadi rujukan penting untuk penyelesaian kedua segmen tersebut antara lain:

  • Hasil pemeriksaan Field Plan dan Addendum Revised Survey Procedures di Pulau Sebatik.

  • Pelaksanan survei Sungai Sinapad-Sesai dipercepat menjadi akhir tahun 2023 dari sebelumnya pertengahan 2024.

  • Average geodetic latitude dan pelaksanaan independent deskstop study yang menjadi salah satu penentu garis batas kedua negara di Sungai Sinapad-Sesai.

Selanjutnya dalam Pertemuan tersebut Ketua Delegasi Indonesia yang di pimpin oleh Laksamana Pertama TNI Idham Faca, S.T., M.M mengusulkan kepada ketua Delegasi Malaysia untuk dapatnya kedua negara dapat segera menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di segmen Pulau Sebatik pada saat kunjungan Presiden RI ke Malaysia yang direncanakan pada bulan Juni/Juli 2023.   ($)

Dokumentasi  :  Klik Disini




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia