Courtesy Call dan Rapat Bilateral RI-Brasil Tahun 2023

Rabu, 24 Mei 2023

Jakarta – Kerjasama bidang Pertahanan antara Indonesia dan Brasil sudah terjalin lewat penandatanganan Defence Cooperation Agreement tahun 2017, meskipun demikian, perlu adanya peningkatan kerjasama lewat program dan kegiatan nyata. Brasil memandang posisi Indonesia sebagai negara besar di kawasan Indo-Pacific  Delegasi Kemhan Brasil dibawah pimpinan Major General Andre Luiz Alves Ferreira sebagai Deputy Chief of Internasional Affairs, Joint Staff of the Army of the Federative Republic of Brasil bertemu Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Bambang Trisnohadi dalam acara Courtesy Call. Dalam pertemuan tersebut MG Andre Luiz beraharap dapat membuka kerja sama yang lebih intens dan erat dengan Kemhan RI di masa depan terutama pada bidang pengembangan teknologi dan industri pertahanan, pendidikan, latihan, tukar menukar informasi dan pengalaman diantara Kemhan, armed forces dan Angkatan.

Setelah acara courtesy call, acara dilajutkan dengan Rapat Bilateral bidang Pertahanan RI-Brasil. Delegasi Indonesia dipimpin Brigjen TNI Steverly Parengkuan dan dihadiri oleh pejabat perwakilan dari Direktorat Amerika II Kemlu RI, Dittekindhan Ditjen Pothan, Ditmat Ditjen Kuathan, Pusalpalhan, Baranahan, Pusinfostrahan Bainstrahan, Sops dan Spers TNI, Puskersin TNI, Sops dan Spers Mabes Angkatan dan Slatad, sementara delegasi Brasil dipimpin Major General Andre Luiz Alves Ferreira.

Dalam Rapat Bilateral tersebut, Brasil menawarkan kerjasama bidang pertahanan, sementara Indonesia menyampaikan keinginan untuk menginisisasi forum Bilateral  diantaranya IBDD (Indonesia-Brasil Defence Dialogue) pada level Kementerian, Indonesia-Brasil Joint Staf Talks pada level Angkatan Bersenjata dan Airman-toAirman Talks untuk Angkatan Udara dan disambut baik oleh pihak Brasil. Menutup Rapat Bilateral tersebut, kedua pimpinan delegasi menandatangani Minutes of the Bilateral Defence Meeting.    ($)

Dokumentasi  :  Klik Disini




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia