Latihan Kebencanaan ADMM-Plus EWG on Humanitarian Assistance dan Disaster Relief Table Top Exercise and Field Training Exercise

Sabtu, 21 Oktober 2023

Jakarta – Perhimpunan Bangsa-bangsa di Asia Tenggara atau yang kita kenal dengan nama ASEAN dibentuk pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand yang sampai saat ini masih berperan penting sebagai motor perdamaian dunia maupun kesejahteraan kawasan. Indonesia adalah merupakan salah satu negara ASEAN yang memiliki peranan penting di ASEAN sehingga di tahun 2023 ini Indonesia kembali dipercaya untuk kelima kalinya memegang Keketuaan ASEAN dengan mengusung tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth yang bermakna bahwa Indonesia ingin menjadikan ASEAN tetap penting dan relevan bagi masyarakat ASEAN dan dunia.

Tampilnya Indonesia sebagai Keketuaan ASEAN membawa dampak positif dengan banyaknya kegiatan yang sangat perlu dilakukan di Indonesia seperti yang tertuang dalam Keppres nomor 5 tanggal 31 Maret 2023 tentang Panitia Nasional Keketuaan Indonesia pada ASEAN dan dilanjutkan dengan Surat Sekjen Kemhan tentang Laporan ADSOM dan ADSOM Plus.

Atas dasar kedua surat tersebut, maka pada tanggal 15 – 20 Oktober 2023 di Pantai Depok dan Lanud Adi Sutjipto Jogjakarta, telah dilaksanakan Latihan Kebencanaan ADMM-Plus EWG on Humanitarian Assistance dan Disaster Relief Table Top Exercise and Field Training Exercise (ADMM-Plus EWG HADR TTX and FTX). Acara yang dibuka oleh Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S. dan dihadiri pejabat setingkat Pati berpangkat Brigadir Jenderal dari negara ASEAN dan 8 negara mitra wicara yaitu Amerika Serikat, Australia, China, India, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru dan Rusia serta ASEAN Secretariat. Dirjen Strahan kemhan Mayjen TNI Bambang Trisnohadi, Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan Brigjrn TNI Steverly Parengkuan juga hadir dalam acara pembukaan tersebut.

Acara yang dimotori oleh Ditjen Strahan Kemhan dalam hal ini Direktorat Kerjasama Internasional Ditjen Strahan Kemhan berlangsung aman dan dalam suasana keakraban. Peserta yang hadir selain melaksanakan latihan bersama, juga diperkenankan untuk melihat salah satu keajaiban dunia yaitu Candi Borobudur yang berada di Magelang Jawa Tengah. Acara ditutup dengan malam budaya atau culture night dimana seluruh peserta yang hadir menggunakan pakaian Batik yang merupakan warisan budaya Indonesia.      ($)

Dokumentasi : Klik Disini




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia