Kegiatan Pertemuan Teknis Khusus Batas Maritim (STM) ke 3 RI- Malaysia

Sabtu, 18 November 2023

Jakarta – Pertemuan Teknis Khusus/Special Technical Meeting (STM) 3 RI – Malaysia membahas intertidal area dan gap di Laut Teritorial Laut Sulawesi (Sebatik) pada 16-17 November 2023 di Hotel Episode Gading Serpong, Kab Tangerang, Banten. Delegasi RI dipimpin oleh Direktur Hukum dan Perjanjian Kewilayahan Kemlu selaku Ketua Tim Teknis PBM beranggotakan, Dir Astara serta Perwakilan dari Ditwilhan Ditjen Strahan Kemhan, Ditnav Kemhub, BIG, Sops Panglima TNI, Ster Panglima TNI, Sopsal dan Pushidrosal. Sedangkan Delegasi Malaysia dipimpin oleh Director General Departemet of maritime Affairs Malaysia beranggotakan wakil-wakil dari Kementerian terkait Malaysia dan wakil dari Sabah.

Perundingan dimulai dengan Tete-a-Teet (Four Eyes Meeting) antara kedua Ketua Delegasi. Beberapa hasil yang dibahas adalah : Delegasi Malaysia tidak bisa bergerak dari posisi semula yaitu bahwa intertidal ini bagian dari batas darat dan ditarik garis lurus dari East Pillar, Pihak Indonesia tetap pada posisi saat ini dan tidak menawarkan garis tengah (median line) dan Kedua delegasi akan menyampaikan hasil proses perundingan ini kepada pimpinan masing-masing untuk mendapatkan arahan pada level politik sekitar bulan Maret 2024 (rencana penandatanganan pada bulan Juni 2024).

Kedua delegasi sepakat membawa hasil perundingan ini ke pimpinan masing-masing dan STM ke-4 dijadwalkan di bulan Maret 2024 sambil menunggu arahan pimpinan kedua negara.     ($)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia