Kunjungan U.S. Deputy Assistant Secretary of Defence Ms. Lindsay W. Ford

Jumat, 3 Februari 2023

Jakarta – Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Bambang Trisnohadi menerima kunjungan U.S. Deputy Assistant Secretary of Defence Ms. Lindsay W. Ford dengan didampingi oleh Athan AS. Colonel Thedore  Liebriech dan Staff di Strahan Kemhan di Jakarta pada tanggal 3 Februari 2023. Pertemuan yang dilaksanakan di Ruang Tamu Dirjen Strahan ini membahas tentang peningkatan kerjasama bidang Pertahanan terutama pada peningkatan kapasitas keamanan Siber, Maritime Security, Modernisasi Alutsista dan latihan bersama militer kedua negara. Ms. Ford  juga mengucapkan terima kasih atas kemajuan pesat yang dicapai dan saat ini telah memasuki tahap akhir dalam pembahasan kerjasama pencarian dan repatriasi kerangka personel Dephan AS yang gugur di Pulau Morotai di Provinsi Maluku Utara. Selain itu, kedua pihak juga membahas inisiatif pembaruan dokumen kerjsama bidang Pertahanan yang telah berusia lebih dari 12 tahun, dokumen kerjsama ini merupakan salah satu bukti kemitraan strategis kedua negara, secara resmi pembahasan detail akan dimulai saat pelaksanaan Senior Office rMeeting 2+2 di Washington D.C., Amerika Serikat bulan depan.

Isu lainnya terkait dengan komitmen AS untuk mendukung keketuaan Indonesia di ASEAN terutama terkait dengan prioritas Indonesia dalam mengimplementasikan ASEAN Outlook on the Indo-Pacifik from Defence Prespective dan AS juga menawarkan kerjasama dalam kerangka ADSOM Plus Military Medicine EWG pada cycle berikutnya serta  meminta support Indonesia untuk kerjsama lebih erat dalam penyelenggaraan latihan bersama termasuk institution capacity building dengan ASEAN.

Dalam pertemuan tersebut, Dirjen Strahan didampingi Diirkersinhan Brigjen TNI Steverly C. Parengkuan, berserta para Kasubdit di lingkungan Ditkersinhan.   ($)

Dokumentasi  :  Klik Disini

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia